Jawaban Pak Wahyu saat Ditanya Jadwal Pendaftaran PPPK 2024

Kamis, 08 Agustus 2024 – 06:57 WIB
Skenario pendaftaran CPNS 2024 dibuka pekan ke-3 Agustus, jutaan honorer masih menunggu jadwal pendaftaran PPPK 2024. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - REJANG LEBONG – Pemerintah belum menetapkan jadwal pendaftaran PPPK 2024 yang dinantikan jutaan honorer atau non-ASN.

Adapun jadwal pendaftaran CPNS 2024 diskenariokan akan dibuka pada pekan ke-3 Agustus.

BACA JUGA: Permudah Akses Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK, Honorer Jangan Gagal

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Wahyu Destiawan, mengaku belum tahu kapan pendaftaran PPPK 2024 akan dibuka.

Wahyu mengatakan, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kementerian PANRB mengenai tahapan seleksi PPPK 2024.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2024: 3 Kabar Gembira Luar Biasa untuk Jutaan Honorer

"Jika waktu pelaksanaan seleksi PPPK ini sudah turun akan segera kita umumkan di media massa dan media sosial BKPSDM Rejang Lebong," kata Wahyu Destiawan di Rejang Lebong, Selasa (6/8).

Dia menyebutkan, Pemkab Rejang Lebong mendapatkan kuota sebanyak 1.500 formasi PPPK 2024.

BACA JUGA: PPPK Boleh Mendaftar Seleksi CPNS 2024, Pak Sekda Bilang Ada Konsekuensinya

Lebih lanjut dia menyebutkan jumlah pegawai di daerah itu saat ini sudah mendekati ideal.

"Berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja kebutuhan pegawai di Kabupaten Rejang Lebong seluruhnya sekitar 6.000 orang. Jumlah pegawai saat ini sudah mendekati ideal," kata Wahyu Destiawan.

Jumlah pegawai di Kabupaten Rejang Lebong saat ini mencapai 4.000 orang.

Pada tahun 2024 ini akan dilakukan perekrutan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.550 formasi.

"Jadi, kalau ditambah dengan hasil seleksi CNPS dan PPPK nantinya jumlah pegawai di Kabupaten Rejang Lebong sudah 5.500 orang. Kalau mau dipenuhi 6.000 orang, APBD kita tidak mencukupi untuk membayar gaji mereka," ujarnya.

Pada proses penerimaan CPNS dan PPPK 2024 ini, kata dia, akan ada pegawai dengan usia produktif sehingga bisa memenuhi kebutuhan berbagai bidang pelayanan publik.

"Kalau kebutuhan guru atau tenaga pendidik semua usulannya berasal dari Dinas Dikbud Rejang Lebong, kami hanya meneruskan usulan ke Kemenpan-RB. Begitu juga penempatannya mereka yang menentukan sekolah mana saja yang membutuhkannya," kata dia.

Wahyu mengatakan, proses pelaksanaan seleksi CPNS 2024 Kabupaten Rejang Lebong, akan dilaksanakan pada minggu ketiga Agustus 2024 untuk 50 formasi terdiri atas 30 formasi tenaga teknis dan 20 formasi tenaga kesehatan. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler