JCI ASPAC 2023 Jadi Momentum Kebangkitan Perekonomian Nasional

Rabu, 22 Juni 2022 – 04:29 WIB
Indonesia menjadi tuan rumah JCI ASPAC 2023. Foto: dok. JCI

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Junior Chamber International (JCI) Asia Pacific Conference (ASPAC) 2023.

Event yang berlangsung di Jakarta, pada 7-10 Juni 2023 itu akan dihadiri sekitar 3.500-6.000 delegasi anggota JCI dari berbagai negara di Asia Pasific dan lainnya. 

BACA JUGA: JCI: Organisasi Kepemudaan Berperan Penting untuk Masa Depan Indonesia

Gaudi Agathon, National President JCI Indonesia 2022 mengatakan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah JCI ASPAC 2023 diputuskan saat JCI ASPAC 2021 di Taiwan.

"Ini merupakan upaya panjang bersama kepengurusan tahun-tahun sebelumnya," kata Gaudi Agathon, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (21/6).

BACA JUGA: Bea Cukai Selenggarakan Konferensi Pimpinan Administrasi Pabean Se-Asia Pasifik

JCI adalah organisasi kepemudaan Internasional terbesar di dunia yang didirikan di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat pada 13 Oktober 1915. Anggota JCI adalah para pemuda berusia 18 – 40 tahun.

"Di tahun 2019, kami mendapatkan JCI World President pertama dari Indonesia yaitu Alexander Tio,” ujar Gaudi Agathon.

BACA JUGA: Luncurkan IPEF, Biden Sebut AS Pemimpin Ekonomi Asia-Pasifik

JCI ASPAC 2023 di Jakarta diharapkan menjadi ASPAC pertama pascapandemi covid-19 yang diselenggarakan secara offline.

Menjadi tuan rumah penyelenggara area conference di JCI merupakan suatu prestasi dan kesempatan berharga karena tidak mudah untuk meyakinkan berbagai negara untuk memilih suatu negara sebagai tuan rumah.

Sepanjang sejarah, Indonesia pernah menjadi tuan rumah JCI ASPAC pada 1999 di Bali, dan JCI Business Conference pada 1994 di Bali.

“Menjadi tuan rumah konferensi JCI diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan perekonomian nasional pascapandemi," imbuhnya.

Adapun agenda JCI ASPAC 2023 di Jakarta akan diisi kegiatan Seminar, Training, Trade Show, General Assembly, JCI forum antarnegara membahas isu-isu teraktual yang ada dan penyelesaiannya.

Selain itu, pertukaran budaya dalam kegiatan National Nights, Business Forum, Exhibitions, JCI Debating Championship, JCI World Public Speaking Championship, JCI Awards Ceremony, Twinning Chapter, JCI ASPAC Senate Board Meeting dan Farewell Ball (Gala). (jlo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler