Jelajah Jaminan Sosial Bikin Siswa SMA Makin Paham Pentingnya Terlindungi JKN

Selasa, 05 Maret 2024 – 18:38 WIB
BPJS Kesehatan mengajak siswa SMA memahami pentingnya terlindungi JKN melalui kegiatan Jelajah Jaminan Sosial. Foto: dok. BPJS Kesehatan

jpnn.com, JAKARTA - BPJS Kesehatan meningkatkan literasi generasi muda mengenai jaminan sosial dengan mengundang puluhan siswa SMA dalam program 'Jelajah Jaminan Sosial'.

Mereka diajak untuk menyaksikan langsung alur pelayanan administrasi JKN di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Selasa (5/3).

BACA JUGA: Terus Hadirkan Inovasi Berbasis Digital, BPJS Kesehatan Dulang Prestasi di Awal Tahun

Kepala Corporate University BPJS Kesehatan C. Falah Rakhmatiana mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk implementasi Modul Proyek Muatan Jaminan Sosial pada Kurikulum Pendidikan Nasional Tahun 2023.

Para siswa tak hanya diajak berkeliling untuk melihat alur pelayanan JKN di kantor cabang, tetapi dibekali dengan informasi mengenai jenis-jenis program jaminan sosial, manfaatnya, hingga mekanisme kepesertaannya.

BACA JUGA: Manfaatkan e-commerce Mitra Toko Daring LKPP, BPJS Kesehatan Percepat Pengadaan Digital

Menurut Falah, ini merupakan langkah awal dalam menciptakan masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial.

"Melalui aktivitas ini, diharapkan akan terbentuk generasi penerus bangsa yang melek jaminan sosial," kata Falah.

BACA JUGA: Layanan Radioterapi IHC RSPP Kini Bisa Diakses Peserta BPJS Kesehatan

Dia berharap ke depannya mampu mengajak partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan ekosistem jaminan sosial yang berkualitas demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Selain di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, kegiatan ”Jelajah Jaminan Sosial” ini juga dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan dan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara.

Adapun SMA Negeri 61 Jakarta Timur menjadi sekolah pertama yang menerapkan modul tersebut dan melaksanakan kunjungan lapangan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan pada Senin (4/3).

Falah menambahkan bahwa Program JKN merupakan program strategis negara. Karena itu, dalam pelakasanaannya perlu dukungan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat.

Dia pun berharap implementasi Modul Proyek Muatan Jaminan Sosial dan kegiatan Jelajah Jaminan Sosial tidak hanya dilaksanakan di tingkat SMA, tetapi membidik tingkat dasar hingga ke perguruan tinggi.

Pada tahap awal, edukasi muatan jaminan sosial pada dunia pendidikan dilakukan dengah harapan siswa-siswi mampu memahami berbagai risiko sosial yang akan dihadapi ke depan.

"Dengan begitu, nantinya mereka dapat mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik," kata Indra Budi Sumantoro, Wakil Ketua Komisi Pengawasan, Monitoring, dan Evaluasi Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) dalam kunjungan para siswa ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat.

Menurut Indra, Duta BPJS Kesehatan juga telah memiliki pelayanan yang baik selaras dengan berjalannya transformasi mutu layanan JKN.

Dia juga mengapresiasi inovasi-inovasi yang dikembangkan BPJS Kesehatan melalui beragam layanan dan kanal-kanal digital melalui Aplikasi Mobile JKN.

"Melalui Program JKN dan dapat berperan aktif menjadi sumber informasi bagi lingkungan keluarga, tetangga, serta masyarakat setempat," tuturnya. (jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Djainab Natalia Saroh, Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler