Jelang Musim Hujan, Waspadai Kondisi Tiga Sungai

Selasa, 04 November 2014 – 07:15 WIB

JAKARTA - Masuknya musim penghujan yang diperkirakan terjadi awal November ini, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan mewaspadai  tiga sungai besar yang mengalir di wilayahnya. Ketiga sungai itu yakni Sungai Ciliwung, Sungai Pesanggrahan dan Sungai Krukut.
     
”Aliran tiga sungai itu sering menyebabkan banjir. Terutama pemukiman yang ada di sekitar perlintasan sungai itu,” ujar Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Joko kemarin (3/11).

Dia juga mengatakan, jika saat ini Pemkot Jakarta Selatan tengah melakukan mitigasi bencana di sejumlah titik rawan banjir di wilayahnya.

BACA JUGA: Politisi PDIP Ingatkan Ahok Jangan Sesukanya

Kawasan yang menjadi mitigasi bencana antara lain, kawasan Mampang Prapatan, Petogogan dan Kemang

”Kalau untuk menghilangkan banjir pasti belum bisa. Tapi kami upayakan untuk mengurangi. Kalau dulu  sebelum mitigasi setinggi apa airnya" Sekarang setelah mitigasi seperti apa?,” ungkapnya juga.

BACA JUGA: Peserta BPJS Meningkat hingga 60 Persen

Meski biasanya, musim penghujan itu terjadi mulai Oktober hingga Maret akan tetapi saat ini di DKI Jakarta baru memasuki musim penghujan pada awal November.

”Ini akibat global warming karena telatnya hujan. Agak lain memang, tetapi kita tetap harus menyikapi hal-hal seperti ini,” ungkap Tri juga.

BACA JUGA: Terima Kunci Flat, Warga Harus Bongkar Sendiri Bangli Waduk Pluit

Lebih lanjut dia juga menjelaskan, saat ini Pemkot Jakarta Selatan terus melakukan pengerukan serta pembersihan sampah di Kali Pondok Karya serta kali-kali yang ada di wilayah selatan Jakarta tersebut.  

”Ada petugas yang melakukan pengerukan, sehingga kami yakin dapat meminimalisir banjir,” pungkapnya juga.
     
Berdasar data yang dirilis BPBD DKI Jakarta, ada puluhan titik banjir di wilayah Jakarta Selatan. Titik-titik banjir itu seperti di Perumahan IKPN (Kelurahan Bintaro), kawasan Ulujami (Kelurahan Ulujami), kawasan Pondok Pinang (Kelurahan Bintaro), Perumahan Cireundeu Permai (Kelurahan Lebak Bulus).

Lalu kawasan Kebalen, Mampang Prapatan (Rengas), Kelurahan Kuningan, Tegal Parang (Kelurahan Mampang), kawasan Petogogan (Kelurahan Petogogan).

Perumahan Pondok Karya (Kelurahan Pela Mampang), Darma Jaya (Kelurahan Bangka), kawasna Pulo Raya (Kelurahan Pela Mampang).

Lalu kawasan Kampung Pulo (Kelurahan Pondok Labu), kawasan Bukit Duri, kawasan Kebon Baru (Kelurahan Kebon Baru), kawasan Pengadegan (Kelurahan Pengadegan), kawasan Rawajati (Kelurahan Rawajati), serta Cipulir dan sekitar Ciledug Raya (Kelurahan Cipulir). (dng)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Minta Jatah Wagub, PDIP Tuntut Ahok Tak Ajukan Sarwo Handayani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler