Jember Fashion Carnaval 2024 Suguhkan Penampilan Berkelas Internasional

Senin, 05 Agustus 2024 – 13:29 WIB
Jember Fashion Carnaval 2024. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JEMBER Fashion Carnaval (JFC) 2024 menyapa dunia dengan kemegahan dan inovasi. Ajang busana terbesar di Indonesia itu tak hanya menyajikan parade kostum spektakuler, tetapi juga menjadi panggung bagi para desainer muda berbakat lokal untuk unjuk gigi.

Event ini mengkolaborasikan antara fashion dengan teknologi yang menjadi daya tarik tersendiri pada penyelenggaraan tahun ini.

BACA JUGA: Manfaatkan Karung Pupuk Bekas, Pupuk Indonesia Grup Tampil di Jember Fashion Carnaval 2024

Lokasi pelaksanaannya pun sangat luas, mulai dari Central Park hingga Gedung Olah Raga dengan jarak 3,6 kilometer (Km), daerah Sultan Agung dan Kaliwates, pada 2 hingga 4 Agustus 2024.

Pelaksanaan JFC 2024 mampu menjadikan Jember sebagai trendsetter dalam pelaksanaan karnaval dunia. Dengan tema “Algorithm: Beyond Binary of Our Soul”. JFC meleburkan fashion dengan teknologi yang menjadi daya tarik utama tahun ini.

BACA JUGA: Epson Perkenalkan Teknologi Printing Ramah Lingkungan di Labdanation Fashion Week 2024

Peserta JFC 2024 berasal dari Kabupaten Jember dan sekitarnya hingga daerah lain di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Ada beberapa kategori yang ditampilkan dalam JFC, yaitu Kids and Artwear Carnaval, Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia (WACI), dan Grand Carnaval. Juga ada penampilan unik hewan peliharaan dalam karnaval ini.

Adapun pelaksanaan JFC 2024 juga dibagi menjadi 10 sub-tema, yaitu Betta Fish, Climate, Versailles, Rio, dan Chess. Selain itu juga ada Zodiac, Fairy, Wayang, Jember, dan Media.

BACA JUGA: Riau Bhayangkara Run Dilirik Kemenparekraf, Disarankan Jadi Event Nasional

Tahun ini, JFC lebih memperhatikan lingkungan dengan penggunaan bahan dan material yang dapat didaur ulang atau hasil daur ulang. Penggunaan bahan recycle dalam persentase minimal 30 persen harus dipatuhi oleh peserta.

Kemeriahan JFC selalu ditunggu-tunggu karena mengusung konsep dan tema yang unik serta relevan dengan budaya lokal dan modernitas fashion. Tak heran jika JFC mampu menarik perhatian banyak media untuk meliput kemegahan acara yang kerap disandingkan dengan event serupa di berbagai negara lain.

Dengan dukungan yang solid dari pemerintah daerah dan masyarakat, diharapkan JFC akan menjadi inspirasi bagi banyak pihak serta semakin mempromosikan Indonesia di kancah global.

JFC juga terus mengalami perkembangan dan pembaharuan dari waktu ke waktu. Tahun ini, JFC pun terpilih sebagai salah satu agenda dari Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui event yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

“Saya ingin mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya kegiatan dari JFC  2024. Berkat dukungan semua pihak akhirnya event ini kembali masuk dalam bagian KEN 2024. Semoga ini bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian,” kata Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu. (*/jpnn)


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler