Jenazah 4 Warga Rusia Terlantar

Sabtu, 25 Juni 2011 – 15:05 WIB
BANJARMASIN– Nasib empat  jenazah warga Rusia yang tewas akibat keracunan minuman keras oplosan di Pelaihari, Kalsel masih terlantar di kamar mayat RSUD Ulin, BanjarmasinBegitu juga dengan nasib ketiga warga Rusia yang berada di ruang Asoka RSUD Ulin Banjarmasin yang sempat dirawat masih terkatung-katung

BACA JUGA: Kasasi Ditolak, Mantan Bupati Ende Dibui

Para anak buah kapal (ABK)  NF Kapten Kurskei berbendara Rusia itu belum diurus pihak Kedutaan Rusia

 
Pihak rumah sakit dan kepolisian sepertinya kebingungan tanpa bisa berbuat apa-apa terhadap jasad kru kapal pengangkut bijih besi ini

BACA JUGA: Dirumahkan, Karyawan Exotic Demo

Tak diketahui secara pasti apakah jasad keempat warga Rusia yang diketahui bernama Bagin Anatoly (21), Bagdanov Gennady (48), Yakutin Evgeny (39), dan Smentania Olga (36), bakal dibawa pulang ke negaranya atau diotopsi untuk mencari tahu penyebab tewasnya warga Rusia ini.

Kasubdit Gakkum Dit Polair Polda Kalsel Kompol Joko Sandono mengatakan, pihaknya tak bisa berbuat apa-apa
Pasalnya, Dit Polair Polda Kalsel tidak ada wewenang untuk melakukan penyelidikan atas tewasnya 4 warga Rusia ini

BACA JUGA: TKI Harus Daftar ke Dinas

“Karena kejadiannya berada di atas kapal berbendera Rusia kami tidak ada wewenang untuk melakukan penyelidikanKami masih menunggu pemberitahuan pihak kedutaan besar dari negara yang bersangkutan,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Dijelaskannya, karena berada di atas kapal berbendera Rusia, hukum yang diterapkan sesuai dengan hukum yang berlaku di negara Rusia“Dit Polair Polda Kalsel hanya melakukan evakuasi saja terhadap keempat jasad warga Rusia tersebut,” bebernya.

Menurut Joko, yang berwenang dan bisa menaiki kapal itu adalah pihak syahbandar, tim kesehatan, dan bea cukai“Yang bisa kami beritahukan adalah jumlah orang yang ada di kapal tersebut, yakni sekitar 24 orang,” katanya.

Ketika ditanya masalah otopsi, Joko mengatakan belum berani memastikan apakah diotopsi atau tidakYang pasti, Dit Polair Polda Kalsel masih menunggu pemberitahuan dari Kedubes Rusia“Hingga kini tidak ada perintah,” jawabnya singkat.

Sementara dokter spesialis penyakit dalam RSUD Ulin Banjarmasin dr Muh Darwin mengungkapkan, pemeriksaan lengkap terhadap warga Rusia belum dilakukanSecara fisik warga Rusia yang dirawat tersebut kondisinya sudah normal dan berangsur-angsur membaik“Untuk masalah tes laboraturium dan tes urine belum kami dapatkan,” bebernya.

Dikatakannya, dari semua pasien warga Rusia tersebut hanya satu orang yang masih mengaku pusing“Kondisi pusing tersebut tidak terlalu berpengaruh, mereka sudah bisa makan seperti biasaNamun, perawatan tetap kami lakukan,” ucapnya.

Darwin memastikan, kalau kondisi mereka terus membaik, kemungkinan hari ini ketiga warga Rusia ini sudah diperbolehkan pulang“Namun untuk bisa pulang tentu harus dilakukan pemeriksaan secara lengkap baru diizinkan,” tandasnya(hni/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pasien Muntaber Padati UGD RSUD Sorong


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler