Jenny Fransisca Jatuh Bangun Berbisnis Giveaway di Instagram

Selasa, 14 Juli 2020 – 18:41 WIB
Jenny Fransisca. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Jenny Fransica terbilang sukses sebagai pengusaha milenial di industri digital, khususnya di platform Instagram.

Dara kelahiran Medan, 24 April 2001 ini dikenal sebagai YouTuber dan selebgram. Ia juga dikenal sebagai penyelenggara giveaway sekaligus pemilik Olshop_Jenny di Instagram.

BACA JUGA: Samuel Christ Sempat Dilarang Orang Tua Jadi YouTuber

Ia mulai menekuni bisnis online sejak usia 14 tahun. Saat itu, ia memproduksi slime dan menjualnya dari mulut ke mulut di sekolah.

Kemudian, siswi SMA di Aceh ini memberanikan diri membuka online shop dan menjual busana dan barang random.

BACA JUGA: Pengin Jadi YouTuber Sukses? Simak Nih Tips dari Yudist Ardhana

“Awalnya menjual barang dengan sistem preorder (PO), frekuensinya setiap bulan dengan produk baju dan tas. Setelah itu mulai jual jam tangan, sepatu, elektronik, dan lainnya,” ujar Jenny.

Pada tahap itu, Olshop_Jenny sudah mulai menawarkan barang ready, dan juga sistem inovatif seperti DP/tabungan untuk warga Blangpidie, dan membership.

BACA JUGA: Dengan Digital, Pelatihan SDM Pertanian Sentuh Semua Level

Dalam pengembangan olshop miliknya, Jenny menemukan metode giveaway online. Awalnya, ia hanya menjadi sponsor.

Namun, setelah mempelajari sistemnya, ia melihat potensi dalam bidang giveaway dan cara mengoptimalisasinya.

Akhirnya, ia mengambil risiko mencoba endorse ke artis besar, yaitu Atta Halilintar, dengan hadiah Samsung Galaxy S10.

"Ini langkah awal saya menjadi penyelenggara giveaway. Setelahnya saya mulai rutin menyelenggarakan giveaway setiap 2 minggu sekali," ungkapnya.

Di saat olshop miliknya mulai naik daun dan makin dikenal, ujian menghantamnya. Akun IG yang dirintisnya terblokir pada Desember 2019.

Hal ini membuat Jenny terpaksa harus refund semua sponsor yang sudah booking hingga 2 bulan berikutnya.

“Pada titik ini, akun Olshop_Jenny sudah memiliki 500k followers dengan reputasi yang lumayan bagus," ungkap Juara 3 Try out SBMPTN Se- Aceh Barat Daya Kategori SAINTEK 2019 ini.

Akunnya pun tidak bisa kembali hingga sekarang, sehingga Jenny kemudian memulainya lagi dari nol dengan akun @jennyfransiscaa.

Berbekal ilmu dan koneksi ditambah modal yang dia tabung selama menjalankan online shop, ia perlahan bangkit dengan memulai perjalanan bisnisnya dalam bidang giveaway.

Ia kemudian mencoba bekerja sama dengan agency dan management artis. "Nah, setelah bekerja sama dengan management dan agency artis, mulai kelihatan lagi,” jelasnya.

“Traffic dan engagement makin bagus. Dari situ saya mulai rutin menyelenggarakan giveaway kembali, dengan hadiah yang tidak kalah dibandingkan Olshop_jenny,” lanjutnya.

Sayangnya, pada Juni 2020 lalu, akun barunya itu juga terblokir. Namun kali ini ia berhasil mengmebalikannya.

Ia bahkan membuka dua akun Instagram lain, yakni @jennyfransiscaa07 dan @keziabraham, yang juga membagikan hadiah secara rutin.

"Ke depan, saya akan terus berusaha membangun online presence, meningkatkan kualitas konten dan servis, serta transparansi dalam menjalankan giveaway,” pungkasnya.(mg7/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler