Jessica Kumala seorang Amorous Narcissist, Tiga Ciri Paling Menonjol

Selasa, 16 Agustus 2016 – 05:36 WIB
Jessica Kumala Wongso. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ahli Psikologi Klinis Antonia Maria Ratih Andjajani menganggap terdakwa Jessica Kumala Wongso memiliki kepribadian dengan istilah amorous narcissist.

Kepribadian itu salah satunya adalah kepuasan batin ketika menikmati banyak sorotan. Namun  juga jago berbohong.

BACA JUGA: Agar Tak Langgar UU Lagi, Pemerintah Disarankan Bertobat

Antonia Maria Ratih Andjajani mengatakan, berdasar hasil pemeriksaannya terhadap rekaman CCTV dan wawancara Jessica langsung selama enam jam. Ada delapan ciri dari Amorous Narcissist (selengkapnya lihat bawah) yang dimiliki Jessica. Namun ada tiga poin yang menonjol.

Semua poin Amorous Narcissist itu, disebut dimiliki Jessica. Namun demikian, dari kedelapan poin tersebut, ada beberapa poin yang paling menonjol yang dimiliki Jessica. 

BACA JUGA: Panglima TNI Tinjau Geladi Bersih HUT RI Ke-71

"Yakni tidak pernah puas, ketika mendapatkan sesuatu langsung ingin baru, dan suka berbohong," ujarnya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat kemarin.

Ratih menambahkan, hasil kesimpulan tersebut dia lakukan dari observasi dan juga wawancara, yang dilakukan sebelumnya dengan teman dekat Jessica dan juga keluarganya.

BACA JUGA: Menpora Perjuangkan Gloria Bisa Dukukuhkan Sebagai Paskibraka

Diagnosa itu juga muncul ketika Ratih dan tim psikolog melakukan tanya jawab dengan Jessica. Ada beberapa bagian jawaban perempuan 27 tahun itu yang tidak sinkron dengan keterangan lainnya. "Hal itu terlihat saat ngobrol secara informal di luar ruangan," ujar dia lagi.

Selama melakukan wawancara, Ratih dan timnya mengaku kesulitan untuk menelisik informasi terkait masa lalu. Jessica. Termasuk mengenai hal-hal intim. "Jawaban terdakwa sangat common (umum). Dan nggak bisa masuk sampai ke dalam," tambahnya.

Kepribadian itulah yang dianggap Ratih membuat Jessica tenang selama persidangan. Ratih menilai kalau secara keilmuwan berdasarkan personality profile, Jessica saat ini sedang menjadi center of attention.

Hal itu justru memberikan energi bagi Jessica sehingga selalu tampak tenang. "Semakin banyak atensi yang diterima, maka semakin menjadi energi," kata Ratih lagi.

Namun berdasar pemeriksaan juga, Jessica dipastikan tidak mengidap bipolar atau kepribadian ganda. Dia juga secara kejiwaan tidak dianggap sebagai psikopat. "Dia sehat banget," tambah dia.

Sementara Otto Hasibuan selaku kuasa hukum jessica menilai, keterangan yang dipaparkan ahli psikologi klinis tersebut tidak relevan dan cenderung spekulatif. "Ahli saja memberikan jawaban dugaan dan kemungkinan," ujarnya.

Otto juga menganggap jika keterangan yang diberikan Antonia juga tidak objektif, karena membantu penyidik Polda Metro Jaya untuk memeriksa kejiwaan Jessica. "Dia nggak independen," tegasnya. (nug)

Ciri Amorous Narcissist

1. Memiliki kemampuan untuk mengingat dalam kebutuhan emosional untuk nafsu seksual.

2. Membuat hubungan yang dijalankan istimewa tapi tidak tulus menjalankannya.

3. Tidak tulus dan ketika mendapat yang diinginkan, mereka tidak pernah puas.

4. Kemarahan seksual sebagai bentuk narsistiknya.

5. Ketika mereka memenangkan seseorang, kemudian mengangap orang itu sudah penting lalu mencari orang baru.

6. Untuk sebagian besar tidak mengubah perilakunya, mereka memandang itu konfrontasi bentuk dari orang lain.

7. Sering kali menggunakan kebohongan yang rumit.

8. Merawat sangat hati-hari tampilan fisik seperti cara berpakaian.

Sumber: fakta persidangan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Istana Enggan Disebut Kebobolan Status Arcandra


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler