Jika Kabinet Ramping, Para Elit Cari Kerjaan Lain

Senin, 25 Agustus 2014 – 17:54 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Melani Leimena Suharli mengatakan, jika terjadi perampingan anggota kabinet oleh Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi), maka akan banyak elit partai politik mencari pekerjaan lain.

"Apakah akan tetap 34 atau 20 jumlah anggota kabinet? Itu nantinya juga sangat ditentukan oleh dinamika yang terjadi di koalisi. Tapi kalau anggota kabinet jadi 20, maka akan banyak juga para elit politik mencari pekerjaan lagi," kata Melani Leimena Suharli, dalam Dialog Pilar Negara "Pemerintahan Mendatang Pascaputusan MK", di gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (25/8).

BACA JUGA: Ical Abaikan Suara Kader Percepat Munas Golkar

Lebih lanjut, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat (PD) tersebut menjelaskan posisi Partai Demokrat setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi tertkait sengketa Pilpres.

"Partai Demokrat tetap solid dalam koalisi Merah Putih di Parlemen dengan enam partai. Koalisi pendukung Joko Widodo kelihatannya juga masih solid. Itu bagus," ujarnya.

BACA JUGA: Anas Sebut Nazar Konsisten dalam Berbohong

Namun dia mengakui adanya kemungkinan terjadi perubahan dalam masing-masing kubu koalisi. Jika itu terjadi, menurutnya, merupakan hal lumrah dalam dunia politik.

"Sekarang koalisi Merah Putih ada enam partai sementara koalisi pendukung Jokowi-JK empat partai. Apakah akhirnya masing koalisi akan menjadi lima partai? Proses itu yang saat ini tengah berlangsung, sebab politik itu cair," ujar Melani. (fas/jpnn)

BACA JUGA: Ical Jadikan Loyalitas Kriteria Utama Calon Ketua DPR

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyidik Cecar Inspektorat I Kemenag Soal Sisa Kuota Haji


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler