JK Nagku Paling Dekat dengan Bola

Selasa, 30 Juni 2009 – 20:55 WIB

JAKARTA--Sejauh ini, sosok JK lebih banyak dikenal sebagai ekonom dan tokoh perdamaianBelum banyak yang tahu bahwa sosok Capres Nomor Urut 3 itu juga sangat dekat dengan dunia sepakbola yang sangat digandrungi di Tanah Air.

Tidak salah jika kemudian Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid, pernah menyebut JK sebagai capres yang paling dekat dengan dunia sepakbola.

Jejak JK di dunisa sepakbola memang tidak terbantahkan

BACA JUGA: JK Rangsang Kaum Muda Bertani

JK pernah menjabat ketua umum Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM), salah satu klub sepakbola legendaris (1980-1990)
Di masa kepemimpinan JK, PSM menjadi salah satu pilar kekuatan sepakbola nasional di samping Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSMS Medan.

JK juga layak disebut Roman Abramovich Indonesia

BACA JUGA: Capres Main-main dengan Isu Korupsi

Seperti Abramovich yang menjadi pemilik Chelsea dan beberapa klub lainnya di belahan dunia, JK pernah punya Makassar Utama (MU)
MU klub profesional yang berlaga di ajang kompetisi Liga Sepak Bola Utama (Galatama)

BACA JUGA: Alvin Lie Laporkan Muhaimin ke BK DPR

MU pernah disponsori Toyota, Merpati, dan MizunoMU bahkan sempat keluar sebagai juara Galatama.

Seperti kemandirian ekonomi yang tidak berhenti didorong, JK juga memiliki optimisme senada di bidang sepakbolaJK pernah mencetuskan gagasan membangkitkan sepakbola nasional dengan membakar motivasi sepakbola nasional untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Bahkan, JK pernah menegaskan bukan mimpi Indonesia bisa mendatangkan pelatih sekelas Guus Hiddink, untuk menopang bangkitnya sepakbola nasional.

Hiddink memang pelatih asal Belanda bertangan dinginDi tangan Hiddink, Korea Selatan bisa lolos semifinal Piala Dunia, Australia tembus menjadi kuda hitam di Piala Dunia, dan Rusia menyabet runner up di Piala Eropa 2008Polesan terakhir Hiddink, saat berhasil mengantar Chelsea lolos semifinal Liga Champions dan juara Piala FA tahun 2009.

Juru Bicara Tim Pemenangan JK-Wiranto, Indra J Piliang, Selasa 30 Juni, mengatakan, JK dalam setiap kesempatan selalu menekankan perlunya kemandirian bangsa Indonesia di semua bidang, termasuk sepak bolaJK pun menyebut Persipura saat ini sebagai ikon sepakbola Indonesia dan meminta daerah manapun mau melirik dan belajar dari Persipura.

Menurut Indra, penegasan JK itu bentuk nyata JK memahami makna profesionalismeJK memahami dunia olah raga kita harus mulai memperhatikan pembibitan sejak mudaAtlit-atlit muda yang beprestasi baik akan dihargai"Ini sebenarnya sesuai falsafah 'Lebih Cepat Lebih Baik', yang memang butuh bangsa yang sehat dan kuat," kata Indra.

Dalam sebuah situs online, Ketua Umum Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI), Sarman, mengakui bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 bagi Indonesia pentingSarman mengakui dengan menjadi tuan rumah Indonesia bisa mengejar ketertinggalan.

Makanya, sambung Sarman, capres yang harus dipilih Masyarakat Sepakbola Indonesia adalah capres yang paham dan memiliki kedekatan dengan dunia sepakbola, dan memiliki optimisme menggiring Indonesia kembali sejajar degan negara Asia lainnya seperti Thailand, China dan Korea(ysd)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo: Gelora Bung Karno Sudah Tergadai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler