JK: Tidak Ada Kontroversi

Senin, 07 November 2011 – 04:16 WIB

SEBAGAI Duta Komodo, nama Jusuf Kalla (JK) kerap disinggung sebagai sosok yang ngotot membela N7W hingga memberikan subsidi SMS vote komodoNamun, kepada Jawa Pos kemarin, JK tidak menganggap ada kontroversi dalam urusan komodo di N7W

BACA JUGA: Kesalehan Ritual dan Sosial Makna dari Idul Adha



Sebab, dia melihat animo masyarakat yang mengirimkan SMS sangat besar dan lebih banyak ketimbang yang kontra
"Tidak ada menyerang saya, yang ada hanya ngerecokin," ujarnya.

Itulah mengapa kalau ditanya tentang kontroversi komodo, JK malah bingung

BACA JUGA: Soal Surat Palsu MK, Polisi Kekurangan Bukti

Dia tidak bisa menjawab dengan pasti karena baginya polemik itu tidak pernah ada
Baginya, yang ada hanya orang suka dan tidak suka melihat komodo menang dan berujung pada meningkatnya kesejahteraan rakyat.

JK lantas menceritakan mengapa dirinya menyanggupi permintaan P2K untuk menjadi duta komodo pada 30 September lalu

BACA JUGA: BPKP Diminta Kaji Biaya Perjalanan Dinas

Dia mengatakan, sayang ada peluang bagus yang disia-siakan pemerintahApalagi, mantan wakil presiden itu yakin betul bahwa jika menang N7W, itu akan membawa dampak positif, termasuk promosi murah.   

Selain itu, dia geregetan juga Nusa Tenggara Timur (NTT) terus menjadi provinsi miskinNah, N7W adalah jalan pintas untuk memopulerkan NTT dan Taman Nasional Komodo (TNK)Efeknya, diyakini JK, bisa sampai satu abad"Indonesia selama ini tidak ada kebanggaan juga," imbuhnya.

Oleh sebab itu, dia menyatakan tidak pernah menyesali keputusannya menjadi duta komodoBahkan, cibiran demi cibiran yang menuding hanya mencari popularitas tidak dianggapnyaDia malah menyatakan, ada yang tidak suka dengan keputusannya bukan lagi urusannya"Mau marah, itu urusan masing-masing," tuturnya.

Tidak hanya ituMenurut JK, siapa saja yang menjadi duta komodo saat ini pasti merasakan kursi panas jugaSebab, bagaimanapun, selalu ada elemen masyarakat yang tidak suka dengan pilihan seseorang

Disinggung mau berapa lama bertahan dengan segala "serangan", dia menjawab terserahItu berarti bergantung kepada masyarakat dan stakeholder apakah masih mempercayainyaJK memastikan, meski tidak lagi menjadi duta komodo, secara moril dirinya tetap akan terus mendukung promosi hewan purba ituMaklum, JK mengaku memiliki harapan besar, yakni kesejahteraan  warga NTT bisa meningkat.

Bagaimana hubungan P2K dan pemerintah yang tidak harmonis gara-gara komodo? JK terbahakMenurut dia, nanti pemerintah akan sadar sendiri karena itu sudah menjadi kewajibannyaTerutama Kementerian Kehutanan yang, menurut dia, paling bertanggung jawab atas konservasi di TNK(dim/c4/iro)

BACA ARTIKEL LAINNYA... API Bertekad Kembalikan Peran Kaum Muda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler