Jokowi Ditemani Ridwan Kamil, Bantuan Dibagi di Jawa Barat

Rabu, 13 April 2022 – 13:59 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi para penerima manfaat dan pedagang di Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Rabu (13/4). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi para penerima manfaat dan pedagang di Pasar Kanoman, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Rabu (13/4).

Presiden Jokowi ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kesempatan itu.

BACA JUGA: Wali Kota Gibran: Sebelum Lebaran BLT Sudah Beres

Presiden membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dan Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan pedagang kaki lima.

"Pagi hari ini saya ke Cirebon, Provinsi Jawa Barat dalam rangka pembagian, pertama pembagian BLT minyak goreng kepada para pedagang kaki lima, dan juga ibu-ibu penerima PKH. Kemudian yang kedua juga pemberian tambahan modal usaha sebesar Rp 1,2 juta kepada para pedagang," ujar presiden dalam keterangannya.

BACA JUGA: Kemensos Ajak Masyarakat Awasi Penyaluran BLT Minyak Goreng

Menurut presiden, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sudah melandai sehingga para pedagang sudah memulai usahanya kembali di pasar-pasar. Untuk itu, bantuan-bantuan tersebut dibagikan sebagai tambahan modal usaha.

"Saya kira ini karena kondisi Covid sudah menurun, mereka memulai usahanya lagi di pasar-pasar, sehingga membutuhkan beberapa membutuhkan suntikan untuk memulai usahanya dan sudah kami berikan. Kami harapkan dengan pemberian baik BLT, baik bantuan modal usaha, daya beli masyarakat bisa lebih baik lagi," ungkapnya.

BACA JUGA: Rocky Gerung Sebut Mahasiswa yang Temui Wiranto akan Dikenal Sebagai BEM BLT 

Jokowi melihat kondisi ekonomi sekarang mulai bergeliat lagi, dilihat dari pasar-pasar yang mulai ramai, terutama menjelang hari raya Idulfitri.

Selain itu, terlihat juga peningkatan daya beli sehingga diperlukan tambahan modal usaha bagi para pedagang untuk menambah stok dagangannya.

"Kemudian yang kedua juga kemacetan yang luar biasa yang terjadi hampir di semua kota. Ini juga menunjukkan mobilitas yang makin tinggi, tetapi juga menunjukkan itu adanya pergerakan-pergerakan ekonomi, perputaran ekonomi yang lebih baik, utamanya pariwisata," tandasnya.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga meninjau lokasi Pelelangan Ikan di Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Di lokasi tersebut, presiden memberikan bantuan dan menyapa nelayan.

Turut mendampingi presiden, yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis, dan Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daftar Bansos yang Cair April 2022, Ada BLT Minyak Goreng


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler