Jokowi Minta Kepala Daerah Jaga Keamanan Menjelang Pilkada Serentak

Rabu, 14 Agustus 2024 – 00:10 WIB
Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada para kepala daerah di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Selasa (13/8). Foto: dokumentasi Biro Pers Istana

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para kepala daerah untuk menjaga daya beli masyarakat dan mempersiapkan Pilkada serentak yang akan datang.

Hal itu diutarakannya saat memberikan pengarahan kepada para kepala daerah di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Selasa (13/8).

BACA JUGA: Idrus Marham Sebut Jokowi Berkah bagi Golkar

Dalam arahannya, Jokowi mengingatkan para kepala daerah untuk segera merealisasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Hal itu lantaran rendahnya realisasi belanja di kabupaten/kota yang baru mencapai 31 persen, sedangkan di tingkat provinsi sebesar 41 persen.

BACA JUGA: Kumpulkan Gubernur se-Indonesia, Jokowi: Selamat Datang di IKN

"Uang beredar di kabupaten Bapak, Ibu semuanya sangat rendah. Kalau peredaran uang rendah artinya daya beli juga enggak kuat. Segera keluarkan," ucap Jokowi seperti dikutip dari siaran pers resmi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga menyoroti persiapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada November nanti.

BACA JUGA: Jokowi Bakal Copot Menteri dari PDIP? Deddy: Itu Semaunya Presiden Saja

Dia meminta agar anggaran untuk Pilkada segera diselesaikan dan keamanan dipastikan dengan baik.

"Koordinasikan dengan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) karena ini belum pernah kita memiliki pengalaman untuk melaksanakan Pilkada serentak," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan agar para kepala daerah ada keraguan atau membutuhkan tambahan kekuatan, segera sampaikan kepada Kapolda atau Kapolri. (mcr4/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pakar Nilai Gerindra Turun Kelas di Pilkada Garut, Ini Sebabnya


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler