Jokowi Sebut akan Umumkan Kabinet Secepatnya, Banyak Menteri yang Dipertahankan

Sabtu, 13 Juli 2019 – 07:54 WIB
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo mengaku sudah mengantongi nama-nama yang akan dijadikan menteri. Dia membenarkan kabar sedang mengincar anak-anak muda. Namun, suami Iriana itu juga menyebut akan mempertahankan beberapa menteri lama.

Usai menghadiri acara di JCC, Jakarta, Jumat (12/7), Jokowi dengan tenang menjawab berondongan pertanyaan wartawan terkait calon menteri. Nyaris semua pertanyaan apa saja dijawabnya dengan tegas.

BACA JUGA: Begini Respons Erick Thohir soal Kursi Menteri

Mulai dari permintaan jatah menteri dari parpol, menteri yang tersangkut kasus hukum, menteri milenial, hingga opsi dari kalangan profesional dan parpol.

Pria berusia 58 tahun yang sudah memiliki dua cucu itu mengaku sudah menyusun formasi kabinet periode 2019-2024. Hanya saja, belum mau bicara secara rinci.

BACA JUGA: Pengamat: Kepulangan Habib Rizieq Akan Mempersatukan Bangsa

Komposisi kabinet nanti tak jauh dengan yang sudah ada saat ini. “Perbandingannya 60:40 atau 50:50. Kira-kira seperti itu,” ucapnya.

BACA JUGA: Yenny Wahid Ingatkan NU Tidak Minta Jatah Menteri, PBNU: Kami Biasa Saja

BACA JUGA: Arief Poyuono Bicara soal Calon Menteri Jokowi dari Gerindra

Apakah ada menteri saat ini yang akan dipertahankan di periode selanjutnya? "Banyak. Ya nanti dilihatlah. Nanti, kalau keluar dilihat,” sambungnya.

Siapa yang akan dipertahankan dan siapa yang akan diganti? Jokowi tidak kasih bocoran. Dia hanya mengungkapkan, penyusunan kabinet itu berdasarkan banyak pertimbangan. Seperti rekam jejak dan bebas persoalan hukum. “Semua hal mesti kami pertimbangkan,” ujarnya.

Soal sejumlah parpol yang meminta jatah kursi menteri, Jokowi menanggapinya dengan senyuman. Dia mengaku tak terganggu dengan permintaan itu. “Ya enggak apa-apa. Mau minta sepuluh, mau minta sebelas, mau minta sembilan, enggak apa-apa. Wong minta saja,” ujarnya.

Jokowi juga membenarkan akan memilih sejumlah menteri yang berusia muda. Kira-kira berusia 25-30 tahun. Namun, tidak asal muda. Sosok tersebut harus mengerti manajerial dan mampu mengeksekusi program-program yang dicanangkan.

Jokowi berharap, sosok menteri itu bisa dipenuhi dari parpol. “Kalau tidak ada dari partai, ya cari sendiri. Profesional muda kan sekarang banyak banget,” ungkapnya.

BACA JUGA: Begini Respons Erick Thohir soal Kursi Menteri

Kapan kabinet tersebut akan diumumkan? Jokowi masih merahasiakan soal tanggal. Dia hanya bilang, tidak lama lagi. “Secepatnya,” pungkas pak Jokowi. (fat/jpnn/bcg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Jokowi Perlu Tim Khusus Mengkaji Amnesti untuk Baiq Nuril?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler