Jokowi Tunjuk Bang Yos jadi Kepala BIN

Rabu, 10 Juni 2015 – 10:56 WIB
Sutiyoso. Foto: dok/Jawa Pos-JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo mencalonkan KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI, ternyata disertai pemberitahuan kepada DPR terkait penggantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Siapa pengganti Marciano Norman?

Ternyata dia adalah Letjen TNI (Purn) Sutiyoso...

BACA JUGA: Ini 7 Sumber Air buat Ritual Siraman Gibran dan Selvi

Bang Yos, sapaan Sutiyoso, saat ini juga memimpin Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang berada di barisan pendukung Jokowi ketika Pilpres 2014 lalu. 

Penggantian Kepala BIN ini sendiri disampaikan oleh Ketua DPR Setya Novanto, yang berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi dalam rangkaian acara pernikahan anaknya di Solo, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Dari Warung Susu Segar hingga Komjen Budi Gunawan

"Tadi malam sudah komunikasi langsung dengan presiden soal pergantian Panglima TNI ke Pak Gatot dan sudah menerima surat termasuk masalah Kepala BIN. Ini yang sudah beliau tunjuk adalah Pak Sutiyoso menggantikan Pak Marciano," kata Novanto di gedung DPR Jakarta, Rabu (10/6).

Politikus Golkar ini menyebutkan surat presiden terkait Panglima TNI dan Kepala BIN itu akan segera ditindak lanjuti ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Untuk Panglima TNI akan diatur jadwal pelaksanaan fit and proper test (FnP). Sedangkan Kepala BIN hanya dibacakan di paripurna karena sifatnya pemberitahuan.

BACA JUGA: Penghulu Pun Harus Latihan Rutin Sebelum Nikahkan Gibran-Selvi

Novanto mengatakan, tidak mau berpolemik mengenai posisi Panglima TNI yang kembali dijabat dari TNI Angkatan Darat (AD), bukan bergiliran ke TNI Angkatan Udara (AU). Novanto beralasan bahwa penunjukan Panglima TNI itu merupakan hak prerogatif Presiden.

Dia juga meyakini keputusan menunjuk KSAD oleh Presiden sudah melalui pertimbangan dan evaluasi. Karena itu dia berharap Jenderal Gatot mampu menjalin koordinasi dengan seluruh angkatan/matra di internal TNI.

"Tentu sosok Pak Gatot diharapkan bisa memenuhi harapan masyarakat dan juga bisa berkoordinasi dengan seluruh angkatantakan yang ada di TNI," tandasnya.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bamsoet: Komisi IV Enak, Bisa Bawa Traktor ke Daerah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler