Jual Satu Anak Usaha, RODA Beli 7 Perusahaan Baru

Sabtu, 18 Juni 2011 – 23:16 WIB
JAKARTA - PT Royal Oak Development Tbk (RODA) berusaha fokus di bisnis properti saja dengan melepas 799,098 juta lembar saham atau setara 99,86 persen kepemilikan atas PT Transpacific Mutual Capita (TMC)TMC yang bergerak di bidang jasa keuangan dilepas ke PT Swadayanusa Kencana Raharja (SKR) senilai Rp 750 miliar.

Hasil penjualan satu perusahaan jasa keuangan akan digunakan perseroan untuk mengakuisisi tujuh perusahaan properti

BACA JUGA: Indomobil Rights Issue, Target Dana Rp 2,7 T

"Dana hasil penjualan akan kami gunakan untuk melakukan akuisisi terhadap sedikitnya tujuh perusahaan properti di Jakarta," ujar Direktur Utama RODA, Subianto Satmaka, usai paparan publik, di Jakarta, kemarin.

Manajemen RODA dan SKR telah menemui kesepakatan mengenai transaksi penjualan tersebut
Penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/Mou) telah dilakukan pada 16 Mei 2011

BACA JUGA: 2012, PLN Operasikan Dua PLTU Baru di Babel

Penyelesaian transaksi diharapkan setelah adanya persetujuan dari pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada 30 Juni 2011.

Setelah itu perseroan akan melakukan akuisisi terhadap tujuh perusahaan properti  dengan nilai perkiraan mencapai Rp 512 miliar
Tujuh perusahaan tersebut adalah PT Multi Pratama Gemilang, PT Tiara Sakti Mandiri, PT Fortuna Cahaya Cemerlang, PT Bangun Megah Pratama, PT Simpruk Arteri Realty, PT Indo Prakasa Gemilang, dan PT Lumbung Mas Sejahtera

BACA JUGA: BNI Dianugerahi The Rising Star Banking

"Perusahaan-perusahaan tersebut memiliki prospek bagus dan sesuai dengan bisnis utama kami," ungkapnya.

Subianto menilai bahwa bisnis properti sangat prospektif tahun iniSelain tujuh perusahaan tersebut, RODA juga tengah membidik dua hingga tiga perusahaan lagi untuk mendukung kinerja perseroan di masa mendatangSehingga total perusahaan properti yang akan menjadi anak usaha baru mencapai 10 perusahaan di akhir tahun.

"Selain dari divestasi, dana akuisisi akan kami dapatkan dari pinjaman perbankan," ujar Financial Advisor RODA, Andreas Tjendana.

Belum dijelaskan berapa kebutuhan dana untuk tambahan akuisisi tersebutTermasuk berapa dana yang akan dipinjam dari bank

Andreas mengatakan, masuknya tujuh anak usaha baru tersebut akan memberikan pendapatan bagi perseroanPada tahun ini pendapatan diperkirakan mencapai Rp 60 miliar dan pada 2012 meningkat menjadi Rp 180 miliar"Itu terutama dari Apartemen Sahid serta Signature Park yang akan kami akuisisi tahun ini," katanya(gen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mayora Bagi Dividen Rp 99 Miliar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler