Jumlah PNS Kukar Terbanyak di Indonesia

Kamis, 07 Juli 2011 – 12:47 WIB
SAMARINDA– Memiliki 17.244 pegawai, Kutai Kartanegara menjadi daerah yang memiliki pegawai negeri terbesar di KaltimDitambah sekitar 7.000 tenaga honorer, jumlah pegawai di kabupaten itu bahkan disebut-sebut sebagai yang terbesar di Indonesia

BACA JUGA: Terlilit Utang, Banyak PNS Langgar Jam Kerja



Dari data kepegawaian, setelah Kukar, di posisi kedua Samarinda dengan 10.283 PNS
Sementara Tana Tidung adalah yang paling sedikit dengan 1.047 PNS

BACA JUGA: Lambang Pemprov Terancam Tak Dipasang

Total keseluruhan PNS di Kaltim saat ini sebanyak 85.874 orang dan tenaga honorer 9.162 orang
Jumlah PNS dan honorer di Kaltim adalah 95.036 pegawai.

Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Kaltim yang 3,5 juta, maka rasio antara PNS dan jumlah penduduk Kaltim adalah 1 pegawai banding 40 penduduk

BACA JUGA: Jatuh ke Laut, Penumpang Fery Hilang

"Tetapi ada profesi tertentu, seperti dokter umum atau tenaga pengajar seperti guru Fisika yang masih kurangItu bisa dilihat dari formasi calon PNS yang diajukan Kaltim," ungkap Sekretaris Provinsi Kaltim Irianto Lambrie.

Dijelaskan, jika di Pulau Jawa, rasio 1:40 itu adalah perbandingan yang ideal"Karena di Jawa, wilayahnya tidak terlalu luas dan infrastrukturnya sudah baikJika komposisi yang sama diterapkan di Kaltim, tidak bisa," jelas Sekprov.

Menurutnya, meskipun penduduk Kaltim tidak sebanyak di Jawa, tetapi wilayah Bumi Etam sangat luasPenyebaran PNS yang tidak merata akhirnya menimbulkan kurangnya tenaga di daerah tertentu, terutama di perbatasan dan pelosokApalagi, infrastruktur di Kaltim masih jauh dibanding Pulau Jawa. 

Untuk Kukar, Sekprov didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol M Yadi Robyan Noor mengatakan, angka itu boleh jadi yang terbesar dibanding kabupaten lainnya se-Indonesia"Apalagi ditambah tenaga honorernya," lanjut Irianto.

Saat mengikuti rapat nasional kepegawaian, Irianto mengatakan, jumlah PNS se-Indonesia sebanyak empat jutaDalam periode dua tahun mendatang, hampir setengahnya akan pensiunSementara di Kaltim, setiap tahun sedikitnya 400 yang pensiun.

Tentang wacana moratorium (penghentian sementara) penerimaan PNS, Sekprov mengaku masih menunggu keputusan pemerintah pusat"Untuk daerah tertentu, seperti Tana Tidung yang masih kekurangan PNS, tentu masih harus menerimaSementara di daerah lain, di mana PNS sudah berlebih, penerimaan justru akan menambah beban APBD," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim Kusmayadi mengatakan, untuk mengangkat seorang PNS, sama dengan menggaji satu orang selama 100 tahun"Selain gaji, ada tunjangan bagi istri, anak, serta pensiun pegawaiSehingga wajar, di setiap daerah, anggaran lebih banyak dialokasikan untuk belanja pegawai," tuturnya.

Di lingkungan Pemprov Kaltim, saat ini terdapat 7.800 pegawai dengan nilai belanja gaji setiap bulannya sekitar Rp 22 miliarDalam setahun, kurang dari Rp 1 triliun APBD untuk membayar gaji PNSSementara di Kukar yang memiliki 17 ribu pegawai, membebani anggaran kabupaten itu hingga Rp 2,6 triliun setiap tahun(fel/ha)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Aksi Mogok Karyawan Freeport Berlanjut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler