Juni, Jadwal Baru Perjalanan KA Diberlakukan

Selasa, 13 Mei 2014 – 08:06 WIB

jpnn.com - BANDUNG - PT KAI Daop II Bandung akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2014 menggantikan Gapeka 2013 yang menjadi acuan perjalanan KA sejak 1 Maret 2013-31 Mei 2014. Perubahan jadwal ini mulai diberlakukan 1 Juni mendatang.

Manager Humas Daop II Bandung, Zunervin menjelaskan, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan PT KAI memberlakukan Gapeka 2014, salah satunya jalur ganda KA lintas utara Jawa (Pekalangon, Surabaya, Pasarturi Prupuk-Larangan, Parung Panjang dan Duri Tangerang), kini telah siap diopertasikan.

BACA JUGA: MDS: Yang Terbakar Gedung yang Pernah Digunakan Matahari

Selain itu, penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh tujuan Jakarta dengan operasional KRL untuk mengakomodir kebutuhan transportasi pengguna jasa Commuter Line peak hour.

"Faktor-faktor itu, kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna KA dengan memperhatiakn keselamatan, kemananan dan kenyamanan," kata Zun di kantornya,  kemarin.

BACA JUGA: Tujuh Pasien Terduga Virus Mers

Penambahan jumlah KA juga dilakukan di Gapeka 2014, seperti KA penumpang jarak jauh di Jawa, dari 138 KA pada Gapeka 2013, menjadi 182 KA di Gapeka 2014. Khusus untuk KA tujuan Jakarta, terjadi perubahan jam keberangkatan hampir seluruh KA.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penuhnya traffich perjalanan KA lintas Jabodetabek di jam sibuk. Sementara untuk KA barang dalam Gapeka 2014 terjadi penambahan dari 98 menjadi 113 di gapeka 2014.

BACA JUGA: Karcis Dibatasi, Puluhan Penumpang KA Kecewa

"Terkait mulai dioperasikannya jalur ganda KA lintas utara Jawa, frekuensi persilangan dan penyusulan KA pada Gapeka 2014 mengalami penurunan dari 18.863 di Gapeka 2013 persilangan/penyusulan menjadi 7643 persilangan/penyuslan. Beroperasinya jalur ganda ini juga meningkatkan kapasitas lintas," pungkasnya. (mun)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sering Mutasi, Ganggu Konsentrasi Pejabat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler