Kadin Buat 15 Proyek Percontohan

Selasa, 23 Desember 2008 – 01:47 WIB
JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) telah mengusulkan 15 model proyek yang bisa dikerjakan tahun depan kepada pemerintahHal tersebut dibuat untuk mengantisipasi gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran

BACA JUGA: Tiongkok Inves Rp 35 Triliun

Karena itu, Kadin akan merealisasikan proyek tersebut lebih dulu
’’Dananya dari kami,’’ ujar Ketua Umum Kadin M.S

BACA JUGA: Toyota Rugi Operasi Pertama sejak 1941

Hidayat di Jakarta, Senin (22/12).

Saat ini, kata dia, ke-15 proyek percontohan tersebut sedang dipersiapkan di berbagai daerah yang meliputi beberapa sektor utama
Misalnya, bidang energi, pangan, dan agrobisnis (pertanian).

Dia menyatakan, proyek-proyek tersebut merupakan salah satu cara untuk mengurangi tingginya potensi pengangguran pada 2009

BACA JUGA: Depkeu Tetapkan 13 Agen Penjual SBSN

’’Proyek percontohan dilakukan di beberapa wilayahSaat ini, 15 model proyek percontohan tersebut menunggu izinnya keluar,’’ ungkapnya.

Menurut Hidayat, beberapa sektor utama yang dijadikan proyek percontohan adalah yang paling banyak menyerap tenaga kerjaDengan begitu, jika berjalan, proyek tersebut diharapkan bisa menjadi solusi penyerapan tenaga kerja serta menjaga pertumbuhan ekonomi’’Semua pihak, bukan cuma pemerintah, perlu mencari jalan keluar yang sesuai untuk bertahan dari krisis ini,’’ tegasnya.

Dalam kepemimpinannya sebagai ketua umum yang kedua Kadin (periode 2008–2014), dia mengaku akan membawa Kadin fokus pada pengurangan jumlah PHKCaranya, mendorong pengembangan usaha padat karya’’Saya akan coba menanggulangi PHKSebab, pada kuartal pertama 2009 saja, saya perkirakan ada PHK 150 ribu orang,’’ ujarnya.

Karena itu, Kadin dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) akan bekerja sama sekuat tenaga menekan jumlah PHKApindo bahkan menyebut potensi PHK tahun depan mencapai 500 ribu hingga satu juta pekerjaMengenai besarnya jumlah pekerja yang di-PHK atau dirumahkan, Hidayat berharap bisa dikurangi’’Setidaknya kami berusaha menekan 50 persen dari jumlah itu pada kuartal pertama,’’ tegasnya.

Dia menambahkan, Kadin akan bekerja sama dengan pemerintah karena memiliki visi dan misi yang sama dalam upaya menghadapi dampak krisis keuangan globalLangkah yang dia lakukan untuk mengembalikan kinerja industri manufaktur, antara lain, mengupayakan pertumbuhan daya beli domestik’’Untuk semua manufaktur yang ekspornya turun, pasarnya harus bisa dipindah ke dalam negeri,’’ katanya.

Agar fokus mengerjakan itu semua, Hidayat mengaku akan setia memimpin Kadin hingga masa jabatannya habisSebab, bisa saja rezim pemerintahan yang baru nanti meminta dirinya ambil bagian dalam struktur pemerintahan. (wir/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indeks Masih Bergerak Fluktuatif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler