Kamera Digital Kian Diminati

Jumat, 14 Januari 2011 – 17:24 WIB
JAKARTA - Pasar kamera digital di tanah air kian besarVendor global terus menyasar pasar domestik dengan mengeluarkan varian baru

BACA JUGA: Austria Tambah Investasi Rp 1,2 Triliun

Panasonic kembali memperkuat marketnya di kamera digital lewat produk terbarunya Lumix DMC GF2 dengan harga mulai Rp 7 jutaan
Kendati ketinggalan jauh dengan kompetitor, mereka optimistis ke depan bisa menaikkan pangsa pasar di pasar produk elektronik yang kian prospektif itu.

Network Product Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Dharmaparayana Sthirabudhi mengatakan pergerakan pasar kamera digital di tanah air menunjukan tren peningkatan

BACA JUGA: Penjualan Yamaha Naik 25,48 Persen

Realisasi penjualan kamera digital tahun lalu mencapai 67 ribu unit
"Tahun ini diproyeksikan bisa tumbuh sampai 77 ribu unit, termasuk tipe compact maupun DSLR (digital single lens reflex)," katanya kemarin (13/1).

Dia menargetkan, pangsa pasar Panasonic ke depan bisa mencapai 10 persen

BACA JUGA: Indeks Apresiatif, Tapi Rawan Koreksi

Sebab data per November lalu, pasar kamera digital Panasonic hanya lima persen dari total market nasionalDari data tersebut, untuk kategori high zoom compact memiliki market share 5 persen dan system camera hanya 1 persen"Di kategori system camera ditargetkan naik jadi 3 persen," sebutnya.

Menurutnya, ke depan kamera DSLR makin dicari karena penggunaan kamera sudah mengalami pergeseranDari yang biasanya memakai kamera pocket, menjadi DSLR atau system camera"Guna mendukung itu, kami menyiapkan ragam lensa sesuai kebutuhan penggunaTeknologi lensa dijamin ringan dan kecil," tuturnya.

Lumix DMC-GF2 bagian dari system camera Lumix G Series yang memanfaatkan teknologi lensa berbasis micro-four-thirdDMC-GF2 merupakan produk lanjutan dari tipe sebelumnya tapi dengan sejumlah perbaikanYaitu, dari sisi ukuran lebih kecil 19 persen dan berat berkurang 7 persen.

"Tapi, pengoperasian tetap mudah serta memiliki kualitas gambar yang tajam," katanyaGF2 dilengkapi lensa 12,1 mega pixel, Live MOS sensor dan kinerja tinggi dari Venus Engine FHDBukan hanya foto, dari sisi film pun memiliki resolusi Full-HD 1920 x 1080 di 60i (NTSC)/50i (PAL) di AVCHD"Dilengkapi dengan layar sentuh, sehingga mudah dioperasikan," urainya.

Panasonic sendiri baru tahun kemarin meluncurkan produk kamera digitalKendati begitu, ke depan kamera digital diharapkan bisa menopang pertumbuhan bisnisnyaSelama ini, Panasonic banyak mengandalkan produk konsumer, seperti AC, LCD, lemari es dan mesin cuci.

Dikatakan, April nanti pihaknya akan merilis sekitar 15 kamera digitalkebanyakan didominasi jenis compactSampai saat ini jumlah tipe yang tersedia di pasaran sebanyak tujuh tipe"Secara penjualan masih didominasi kamera jenis compact sekitar 90 persen dan sisanya 10 persen jenis DSLR," katanya(res)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AP II Cari Maskapai Pengganti Mandala


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler