Kampanye Kondusif, Polri Songsong Pemilu Damai

Senin, 07 April 2014 – 12:48 WIB

jpnn.com - JAKARTA -- Kapolri Jenderal Sutarman menegaskan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat selama kampanye terbuka pemilihan umum kondusif.

"Secara keseluruhan sampai hari ini kondisi kamtibmas cukup kondusif," kata Kapolri saat jumpa pers di Rupatama Mabes Polri, Senin (7/4).

BACA JUGA: KPK Periksa Staf Ratu Atut

Dalam konferensi pers itu, hadir pula Wakapolri Komjen Badrodin Haiti, Kabareskrim Komjen Suhardi Alius, Kepala Baharkam Irjen Putut Eko Bayuseno, Kadiv Humas Polri Ronny Franky, serta pejabat Polri lainnya.

Sutarman berterima kasih kepada masyarakat termasuk aparatur lainnya yang telah bersama Polri, menjaga stabilitas keamanan selama kampanye. "Sehingga kondisi kamtibmas menjelang kampanye dan pascakampanye kondusif," ujarnya.

BACA JUGA: Manager Iklan Media Nasional Diperiksa KPK Untuk Anas

Dia berharap kamtimbas pada pelaksanaan pileg 9 April 2014 berjalan aman dan lancar. "Saya sudah perintahkan H-1 seluruh petugas yang menjaga TPS, sudah berada di TPS masing-masing," kata Kapolri.

Memang, kata Kapolri, ada beberapa kejadian di Aceh, seperti penembakan dan pembakaran. Namun, lanjut dia, beberapa kasus yang sudah terungkap seperti penembakan Posko Partai Nasdem di Aceh.

BACA JUGA: Ahok Siap Bersaksi di Kasus Bus Transjakarta

"Walau dua orang masih DPO. Yang terungkap ini terkait langsung dengan kegiatan politik di Aceh," katanya.

Kendati demikian, satu kasus terakhir yang penembakan di Bireun, Aceh, memang belum terungkap. Namun, Sutarman memastikan untuk sementara tidak terkait langsung dengan pemilu. "Ini masih kita lidik," kata Kapolri.

Sementara itu di Polda Metro Jaya, tadi pagi sudah menggelar simulasi pengamanan TPS. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, setelah simulasi, personel akan ditugaskan di TPS masing-masing untuk melakukan tugas pengamanan. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Baku Tembak Papua tak Terkait Pemilu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler