Kampung Rambutan Disesaki Penumpang Arus Balik

Senin, 04 Agustus 2014 – 05:15 WIB

jpnn.com - JAKARTA TIMUR - Ribuan pemudik warga Jakarta mulai berdatangan di terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Minggu (3/8) merupakan puncak arus balik di Terminal Kampung Rambutan dari berbagai daerah.

Pantauan di lapangan, ratusan  penumpang bus AKAP turun dari bus berbagai perusahaan oto bus (PO). Data yang dihimpun di Posko Terpadu Terminal Kampung Rambutan, pada arus balik sejak H+1 sampai H+5 penumpang arus balik terus mengalami lonjakan. Para pemudik yang kembali ke Ibu Kota berasal dari daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

BACA JUGA: Jari Bocah Terjepit Eskalator di Metos

”Hari Minggu atau H+6 memang puncaknya arus mudik. Karena pada Senin (4/8) pegawai sudah ada yang masuk kerja. Jika dilihat dari pagi hingga siang ini grafik penumpang dari berbagai daerah terus naik,” ungkap Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Dwi Basuki.

Adapun jumlah penumpang arus balik di Terminal Kampung Rambutan pada H+1 terdata sebanyak 14.244 orang. Sedangkan H+2 tercatat sebanyak 19.989 penumpang, H+3 ada 24.723 penumpang dan pada H+4 tercatat sebanyak 28.886 orang.

BACA JUGA: Jokowi Minta Parkir Liar Monas Ditertibkan

Sementara sepanjang Sabtu (2/8) atau H+5 terdata sebanyak 11.601 penumpang yang tiba di Terminal Kampung Rambutan. ”Jika ditotal, sejauh ini sudah ada 99.443 orang penumpang arus balik diangkut 2.706 Bus AKAP tiba di Terminal Kampung Rambutan. Itu belum termasuk jumlah penumpang H+6. Karena kami belum bisa hitung. Karena penumpang terus datang hingga malam hari nanti,” paparnya.

Meski penumpang arus balik naik terus, tapi jumlahnya pada tahun ini menurun jika dibandingkan dengan tahun 2013 lalu. Pada tahun 2013 lalu pemudik yang tiba dari H+1 hingga H+5 di Terminal Kampung Rambutan sebanyak 113.381 orang.(ibl/dng)

BACA JUGA: Pemkot Bekasi Siap-siap Razia Pendatang Baru

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendatang Wajib Lapor 1 x 24 Jam Jika Tak Mau Dipulangkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler