Kampus Merdeka: STP Trisakti Kembangkan Destinasi Wisata Kabupaten Kuningan

Sabtu, 27 Februari 2021 – 21:05 WIB
STP Trisakti berkolaborasi dengan Pemkab Kuningan dalam mengembangkan destinasi wisata sebagai bagian program kampus merdeka. Foto: Humas STP Trisakti

jpnn.com, JAKARTA - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti melaksanakan Program Kampus Merdeka dengan mengembangkan destinasi wisata.

Salah satunya lewat kolaborasi dengan Kabupaten Kuningan yang dinilai memiliki banyak potensi wisata.

BACA JUGA: Lantik Rektor Baru UNY, Menteri Nadiem Ingatkan soal Kampus Merdeka

Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati dalam siaran persnya, Sabtu (27/2) mengungkapkan, dengan kerja sama tersebut, nantinya mahasiswa (STP Trisakti) bisa melakukan kerja praktik selama 3 bulan dalam pengembangan destinasi wisata di Kuningan ini.

Fetty menjelaskan, rencana kolaborasi STP Trisakti dengan Pemkab Kuningan telah dibahas dalam pertemuan dengan Bupati Acep Purnama pada 16 Februari 2021 lalu.

BACA JUGA: Ketua DPD: Program Kampus Merdeka Alat Uji Kemandirian Belajar Mahasiswa

Dalam pertemuan tersebut, bupati ingin bekerja sama dengan STP Trisakti dalam bidang pendidikan dan pariwisata.

"Bupati Kuningan ingin kami melakukan pendampingan pengembangan pariwisata, ekonomi kreatif, pendidikan dan membuka peluang investasi guna menjadikan desa-desa di Kabupaten Kuningan sebagai tujuan wisata," terangnya.

BACA JUGA: Pariwisata Bali Bakal Dibuka Kembali, Tetapi Ini Berlaku

Saat ini, lanjut Fetty, STP Trisakti telah melakukan pendampingan bagi petani kopi di Desa Cipasung. Program tersebut mendapat dana hibah peralatan dari IFG-BUMN. 

"Rencananya, Desa Cipasung menjadi kolaborasi pertama yang akan dikembangkan sebagai destinasi wisata," ucapnya.

Untuk mendukung rencana tersebut, lanjut Fetty, Pemkab Kuningan akan melakukan kajian RIPDA atau rencana induk pengembangan pariwisata daerah.

Selain menindaklanjuti kemungkinan pembuatan grand design pengembangan potensi wisata di Kabupaten Kuningan.

Dari STP sendiri, kata Fetty Asmaniati, selain menyiapkan tenaga ahli dari kampus untuk pengembangan tersebut, juga akan menggelar sejumlah kegiatan webinar.

Kegiatan webinar yang rencananya digelar pada 8 April 2021 akan menghadirkan pembicara kunci Bupati Kuningan. Ini sekaligus sosialisasi atas kolaborasi yang akan dikembangkan kedua belah pihak dan kemungkinan mengundang para investor yang ingin bergabung dalam program pengembangan Kabupaten Kuningan.

Fetty mengemukakan, kolaborasi dengan Kabupaten Kuningan juga bagian dari program kampus merdeka. Karena kesempatan mahasiswa berada di luar kampus selama 3 semester bisa dilakukan lewat kerja sama ini. Termasuk pembuatan kajian mahasiswa program doktor (S3) STP Trisakti.

Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Djanadi Bimo Prakoso menambahkan kerja sama itu merupakan komponen penting dalam pembangunan kepariwisataan secara bersama. (esy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler