Kandidat Cawapres Mengerucut 2 Nama, Aher dan Habib

Jumat, 13 Juli 2018 – 20:30 WIB
Mardani Ali Sera. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Cawapres dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah mengerucut dari sembilan menjadi dua nama yakni Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan dan Ketua Majelis Syura PKS Habib Salim Segaf Al Jufri.

Lantas apakah ini semakin memuluskan langkah cawapres dari PKS mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019?

BACA JUGA: Ingat Bro, PKS Belum Pernah Pastikan Dukung Prabowo

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan sangat gembira Partai Gerindra sudah mengerucutkan nama cawapres dari partainya menjadi dua nama. "Walaupun kalau dari Majelis Syura tetap menetapkan sembilan nama itu. Tapi mengerucut 1, 2 atau 3 asal dari sembilan (nama yang ada), kami bahagia," katanya, Jumat (13/7).

Menurut dia, hal ini menunjukkan keseriusan Partai Gerindra menggaet cawapres dari PKS. "Betul. Malam nanti akan ketemu tim Sekber Gerindra-PKS. Kemudian, pekan depan akan ada pertemuan pimpinan walaupun tetap ini semua diikthiarkan partai lain yang mau bergabung, the door is always open," ujarnya.

BACA JUGA: Dilema PAN - PKS: Ke Jokowi Salah, ke Prabowo Kalah

Lebih lanjut dia menjelaskan PKS bersama Partai Gerindra bukan koalisi sesaat. Sejak sebelum pilpres 2014, kedua partai sudah bekerja sama. Bahkan di pilpres 2014, PKS dan Partai Gerindra yang mengusung Prabowo-Hatta Rajasa terbukti meraih suara besar terutama di basis PKS. "Ingat, Jawa Barat hampir enam juta, kemudian NTB," kata Mardani

Kemudian, kata Mardani, hanya PKS dan Partai Gerindra yang tetap bertaham di Koalisi Merah Putih (KMP). Sedangkan PAN dan Partai Golkar pindah mendukung pemerintah. "Sehingga dari 2014 yang setia bersama Gerindra ya PKS," ujarnya.

BACA JUGA: Ancam Tinggalkan Gerindra, PKS Lagi Pasang Standar Tinggi

Nah, kata Mardani, rekam jejak ini tentu sangat diperhatikan Prabowo. Karena itu, dalam banyak kesempatan PKS selalu bekerja sama dengan Partai Gerindra.

Mardani menjelaskan karena bukan pertemanan sesaat, diharapkan koalisi Gerindra dan PKS bersifat strategis dan permanen. "Karena yang satu Pak Prabowo mengistilahkan nasionalis yang religius, kalau kami disebut religius yang nasionalis. Kalau gabung, keren," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Riza Patria mengatakan, partainya masih terus menggodok nama cawapres yang akan mendampingi Prabowo. Riza menjelaskan, dari sembilan tokoh yang diusulkan PKS, kini mengerucut dua nama yakni Ahmad Heryawan dan Salim Segaf Al Jufri.

Sedangkan Partai Amanat Nasional (PAN), dari empat kader terbaiknya kini tinggal satu yang punya kesempatan yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Pun demikian dari Partai Demokrat (PD), tadinya ada nama Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) PD Agus Harimurti Yudhoyono dan anggota Majelis Tinggi PD yang juga Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi. “Saya kira tinggal satu yaitu AHY,” tegasnya di gedung DPR, Kamis (12/7).

Jadi, kata Riza, sejauh ini tinggal empat calon dari partai politik. Sedangkan yang berpeluang dari luar partai politik adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Ada pula nama mantan Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung (CT).

“Tapi, yang saya ketahui yang bersangkutan (CT) tidak mau maju di pilpres 2019, karena pengin fokus usaha. Nanti kami akan lihat dan kami tanyakan,” katanya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bakal Cawapres Prabowo Sudah Mengerucut Empat Nama


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
cawapres   PKS   Aher  

Terpopuler