Kantor Bea Cukai di Wilayah Ini Terima Penghargaan atas Pelayanan dan Inovasi

Senin, 14 Maret 2022 – 19:11 WIB
Bea Cukai menerima penghargaan dari para pemangku kepentingan berkat pelayanan yang baik dan pengembangan inovasi. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus mengoptimalkan kinerja pelayanan dan menciptakan inovasi yang menunjang pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan dan cukai.

Hal ini dilakukan Bea Cukai untuk menjalani fungsi sebagai fasilitator perdagangan dan asistensi industri dalam negeri.

BACA JUGA: Bea Cukai Bantu Pengusaha Serap Tenaga Kerja dengan Cara Ini

Dua kantor Bea Cukai, yaitu Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara dan Bengkalis memberikan pelayanan yang baik dan mengembangkan inovasi hingga menerima penghargaan dari para pemangku kepentingan.

Kanwil Bea Cukai Sulbagtara pada 8 Maret 2022 menerima penghargaan dari PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Head Office PT GNI, Indonesia Stock Exchange Building Jakarta.

BACA JUGA: Bea Cukai Gagalkan Modus Pengiriman Dua Barang Ilegal Ini

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagtara Erwin Situmorang mengatakan, penghargaan ini diberikan karena pihaknya dinilai memberikan pelayanan yang cepat, ramah, dan tanpa biaya.

Saat itu, PT GNI mengajukan permohonan fasilitas kawasan berikat pada Desember 2021.

BACA JUGA: Ini Fasilitas yang Diberikan Bea Cukai bagi Pelaku Industri di Jawa Tengah

Pemberian penghargaan dari PT GNI ini merupakan wujud nyata kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan Kanwil Bea Cukai Sulbagtara dalam memaksimalkan penerimaan negara.

''Kami berharap penghargaan ini dapat memacu kinerja dan mempererat hubungan kami dengan pengguna jasa,'' ungkapnya.

Pihaknya selalu membuka kesempatan bagi perusahaan untuk berdiskusi soal konseptual kawasan berikat, pemahaman fasilitas pembebasan yang diberikan negara, serta mitigasi masalah teknis yang akan muncul dalam menjalankan kawasan berikat.

Dia menjelaskan, PT GNI berperan dalam meningkatkan penerimaan negara di Morowali Utara, Sulteng dan membuka banyak lapangan kerja yang menyerap sumber daya manusia di Indonesia.

Dengan pencapaian ini, Kanwil Bea Cukai Sulbagtara memberikan izin pengusaha kawasan berikat kepada PT GNI yang diikuti dengan penambahan fasilitas pembebasan kepabeanan.

"Dengan adanya pemberian fasilitas kawasan berikat, kami berharap kemudahan yang paling dirasakan para pengguna jasa adalah cash flow dan percepatan layanan,'' ungkap Erwin.

Tak hanya atas pelayanan yang baik, kantor Bea Cukai lain menerima penghargaan atas inovasi yang menunjang optimalisasi pelayanan dan pengawasan di bidang kepabeanan.

Pada acara rapat koordinasi bidang organisasi dan ketatalaksanaan Kementerian Keuangan, Bea Cukai Bengkalis menjadi salah satu kantor yang mendapatkan Penganugerahan Top 10 Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan 2021.

Penghargaan ini diberikan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dan Sekretaris Kementerian Keuangan Heru Pambudi kepada Kepala Kantor Bea Cukai Bengkalis Ony Ipmawan.

Penghargaan ini diberikan atas pengembangan aplikasi mandiri Bea Cukai Bengkalis, Sistem Non Angkutan Multi Moda (Sinona Muda), yaitu aplikasi yang berfokus pada proses bisnis ekspor nonmultimoda.

"Bea Cukai Bengkalis bertekad memberikan pelayanan terbaik, terutama dalam mendukung kegiatan ekspor," jelas Ony. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler