Kapolda Kepri Pastikan Bungkusan di Tiban Center Bukan Bom

Minggu, 18 Desember 2016 – 11:48 WIB
Kapolda Kepri Brigjend Pol Kapolda Kepri Brigjend Pol Sam Budigusdian. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - BATAM - Warga Tibancenter dihebohkan dengan ancaman dan penemuan bungkusan yang diduga bom di belakang Pasar Tibancenter, Batam, Kepri, Sabtu (17/12) siang sekitar pukul 11.00 WIB. 

Pedagang dan warga sekitar sempat panik. Tak berapa lama setelah mendapat laporan tersebut, tim Jihandak Gegana Brimob Polda Kepri langsung turun melihat penemuan ini. 

BACA JUGA: Seperti Mau Kiamat, Angin Berputar-putar Kencang Bergemuruh

Sekilas benda tersebut mirip dengan bom yang menggunakan detonator jarak jauh. Di dalamnya juga ada ponsel dan beberapa kabel-kabel bermacam warna. 

Kaden Gegana Brimob Polda Kepri AKBP Bambang Wiji Asmoro mengatakan benda tersebut bukanlah bom. 

BACA JUGA: Dualisme Seperti Ini Harus Segera Diakhiri

"Kami sudah analisa, tidak ada explosive-nya dan tidak ada inisiatornya," kata Bambang kepada Batam Pos (Jawa Pos group), Sabtu (17/12). 

Dia mengatakan ponsel dalam bungkusan tersebut, juga tak memiliki batre. "Jadi jelas ini bukan bom," tuturnya. 

BACA JUGA: Aturan Baru Ini Perlu Diperhatikan Para PNS

Saat disinggung mengenai orang yang menghembuskan isu ada bom. Bambang mengatakan hal itu bukan kapasitas dia untuk berbicara. "Gak tau saya," ucapnya singkat. 

Kapolda Kepri Brigjend Pol Sam Budigusdian mengatakan pihaknya mendapat laporan dari masyarakat yang melihat ada bungkusan plastik berisikan telepon genggam dengan kabel yang dibalut dengan lakban warna coklat.

Setelah itu, masyarakat langsung melaporkannya ke Polsek Sekupang dan kemudian dilanjutkan ke Satuan Brimob Polda Kepri.

"Tim Jibom kita langsung melakukan langkah penguraian di lokasi temuan, secara SOP sudah aman. Saat ini, kita sedang lakukan sterilisasi ulang di lokasi temuan," katanya.

Selanjutnya, barang yang diduga bom tersebut diamankan ke Mako Brimob Polda Kepri untuk diledakkan di sana.

"Barang itu sudah diamankan dan kami diskosal (ledakkan) di Mako Brimob," tuturnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga kewaspadaan dan menginformasikan kepada aparat kepolisian secepatnya apabila menemukan sesuatu yang mencurigakan.

Sementara itu Kabid Humas Polda Kepri AKBP Erlangga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan meningkat kewaspadaan. Ia mengatakan pihaknya akan menindak tegas sesuai aturan yang ada untuk pelaku. (ska/cr1/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bu Risma Curigai Obat Flu Mirip Narkoba


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler