Menurut laporan perkembangan ekonomi terbaru tiga bulan terakhir di Australia, Queensland mengalami pertumbuhan ekonomi paling tinggi, dengan negara bagian Australia Selatan mengalami pembangunan tertinggi di bidang konstruksi.

Setiap tiga bulan sekali, bank terbesar di Australia Commonwealth Bank, atau CommSec mengeluarkan laporan rinci mengenai keadaan perekonomian di seluruh negara bagian.

BACA JUGA: Madu Manuka dari Australia atau Selandia Baru? Pengadilan Telah Memutuskan

Masing-masing pertumbuhan ekonomi dirinci menggunakan delapan indikator utama.

Dua negara bagian dengan penduduk paling banyak, New South Wales dan Victoria, berada di urutan keempat, sementara Tasmania yang sebelumnya berada di peringkat pertama turun ke peringkat kedua, dengan Australia Selatan berada di peringkat ketiga karena pertumbuhan yang baik di bidang konstruksi.

BACA JUGA: Dukung Pertumbuhan Ekonomi, 99 Group Gelar Property Outlook 2023

Ekonom sekaligus Kepala CommSec Craig James mengatakan kuatnya pertumbuhan lapangan kerja dan harga komoditas di tingkat dunia mendorong pertumbuhan ekonomi di semua negara bagian.

"Pertumbuhan ekonomi seluruh negara bagian di masa depan akan sangat bergantung pada bagaimana situasi pembangunan perumahan dan pasar tenaga kerja di tengah tingginya suku bunga," kata James.

BACA JUGA: Andy Murray Geram Pertandingan Australia Open Berakhir Jam 4 Pagi dan Tak Boleh ke Toilet

"Kami sudah membuat laporan ini selama 13 tahun, dan untuk pertama kalinya dalam 13 tahun terakhir Queensland berada di peringkat pertama."

Laporan ini menggunakan informasi yang sudah tersedia guna memberikan gambaran mengenai keadaan ekonomi per negara bagian dengan menggunakan delapan indikator yaitu:Pertumbuhan ekonomi Pengeluaran ritelInvestasi peralatanTingkat pengangguranKonstruksi Pertumbuhan pendudukKredit perumahanDimulainya pembangunan rumah

"Dari delapan indikator tersebut, Queensland berada di peringkat pertama atau kedua di semua indikator, jadi pertumbuhannya konsisten," kata James.

Australia Selatan berada di peringkat tertinggi di bidang konstruksi dan pembangunan perumahan, dengan rumah yang selesai dibangun, kerja teknik dan komersial berada di angka 23,8 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Investasi di bidang peralatan dan pabrik paling tinggi di Tasmania pengeluaran naik 76,8 dibandingkan rata-rata 10 tahun terakhir.

Australia Barat berada di peringkat tertinggi dalam hal pertumbuhan ekonomi secara relatif dengan kegiatan ekonomi sampai September 2022 mencapai 36,6 persen di atas rata-rata satu dekade terakhir.Pertumbuhan penduduk di Queensland

Craig James mengatakan perpindahan penduduk dari New South Wales dan Victoria ke Queensland selama pandemi menjadi salah satu perkembangan ekonomi utama di Australia belakangan ini.

"Namun hal lain yang juga terjadi dalam peningkatan di Queensland di sektor pertambangan dan energi dan juga pariwisata."

James mengatakan momentum  pertumbuhan tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi Queensland yang konsisten sampai akhir tahun 2023.

Profesor Ekonomi dari Griffith University Fabrizio Carmignani mengatakan laporan terbaru tersebut menunjukkan Queensland berada di "jalur yang tepat".

Dia mengatakan migrasi antar negara bagian akan terus menjadi pendorong kuat bagi pertumbuhan ekonomi di Queensland, namun juga memperingatkan semua tergantung pada pembangunan infrastruktur yang bisa menjamin "adanya kesempatan yang sama."

"Pertumbuhan ekonomi bisa jadi kekuatan atau juga kelemahan," katanya.

"Ini semua tergantung pada jenis intervensi, jenis investasi yang ada bagi pertumbuhan penduduk tidak sekadar infrastruktur fisik tapi juga infrastruktur ekonomi, dan sosial."

Profesor Carmignani mengatakan pasok perumahan akan terus menjadi faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi.

"Ini tantangannya. Namun juga semua harus dilihat dalam konteks kondisi ekonomi dunia yang ada saat ini.

"Dan tantangan ini bisa kita atasi karena perekonomian dunia akan pulih kembali setelah apa yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir," katanya.

Dalam soal belanja warga, Victoria berada di peringkat paling tinggi, yang menunjukkan bahwa di Melbourne, situasi sudah hampir normal kembali setelah krisis COVID berlalu.

Profesor Carmignani mengatakan yang paling penting adalah adanya integrasi ekonomi antar negara bagian dan supaya masing-masing negara bagian tidak melihat yang lain sebagai saingan.

"Keseluruhan saya ingin melihat Australia sebagai sebuah ekonomi bersatu.

"Saya tidak mengatakan ini peringkat yang tidak benar, namun bagus sekali kalau semua negara bagian bergerak menuju ke arah yang sama, dan arah itu positif.

"Australia sudah berada dalam keadaan solid di tengah krisis yang ada."

Artikel ini diproduksi oleh Sastra Wijaya dari ABC News

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyebab Menurunnya Kemampuan Berhitung dan Membaca di Kalangan Pelajar Australia

Berita Terkait