Karsa Akhirnya Dilantik

Soekarwo: Terima Kasih Khofifah, Saatnya Akhiri Perseteruan

Jumat, 13 Februari 2009 – 10:15 WIB
MELAMBAI- Pasangan Sukarwo-Saifullah Yusuf setelah dilantik menjadi Gubernur dan Wagub Jatim di Surabaya, kemarin. Foto: GUSLAN GUMILANG/JAWA POS
SURABAYA - Jalan panjang pemilihan gubernur Jatim berakhir sudahGubernur dan wakil gubernur terpilih, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa), kemarin dilantik Mendagri Mardiyanto dalam rapat paripurna istimewa DPRD Jatim.

Sempat dibayangi kekhawatiran hujan interupsi, agenda pelantikan kemarin akhirnya bisa diselesaikan tanpa hambatan apa pun

BACA JUGA: DPR Janjikan Dana Stimulus untuk Kaltim

Tentu saja hal itu melegakan panitia
Maklum, agenda penting tersebut dihadiri pejabat pusat dan kepala daerah lain di Indonesia.

Selain Mendagri, pejabat pusat yang hadir adalah Ketua MPR Hidayat Nurwahid dan Menkominfo Mohammad Nuh

BACA JUGA: DPR akan Panggil Rusli Zainal

Di samping itu, para gubernur dan wakil gubernur provinsi lain di Indonesia juga tampak hadir
Mereka, antara lain, Gubernur Gorontalo Fadel Muhammad, Gubernur DKI Fauzi Bowo, dan Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf

BACA JUGA: Dokter Bilang, Iskandar Menderita Gangguan Jiwa

Kemudian, juga ada pimpinan puncak parpol, yaitu Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir dan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Hadi Utomo.

Seluruh bupati dan wali kota di Jatim juga hadir.

Proses pelantikan kemarin berlangsung cukup singkatHanya sekitar satu jamAgenda dimulai pukul 08.30Begitu sidang dibuka, Ketua DPRD Jatim Fathorrasjid langsung membacakan Keppres 07/P/2009 tentang penetapan Soekarwo-Saifullah Yusuf sebagai gubernur dan wakil gubernur Jatim periode 2009-2014 dan membacakan hasil pilgubSetelah itu, agenda langsung dilanjutkan dengan pengambilan sumpah.

Mendagri Mardiyanto setelah pelantikan menginstruksikan kepada pasangan Karsa untuk segera menyusun RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang disesuaikan dengan program prioritas pemerintah pusatSelain itu, Mendagri juga menginstruksikan agar pasangan Karsa segera menyelesaikan beberapa program prioritas yang sudah lama disiapkan pemerintah di JatimDi antaranya, penyelesaian Jembatan Suramadu serta percepatan pembangunan 10 ruas jalan tol di wilayah Jatim plus penyelesaian Jalur Lintas Selatan (JLS)"Sebab, proyek ini yang akan menjadi pengungkit pembangunan di Jatim," kata Mardiyanto.

Meski dalam suasana cukup tegang, pelantikan itu berlangsung lancarApalagi, selama prosesi berlangsung, berkali-kali Saifullah Yusuf berusaha memecah ketegangan dengan gaya cengengesan-nya yang khas.

Belum lagi Fathorrasjid yang berkali-kali mengeluarkan joke-joke segar untuk membuat suasana lebih cairMisalnya, "Kepada Karsa, kami ucapkan selamatKepada Pak Setia Purwaka (Pj gubernur Jatim yang lengser kemarin), kami ucapkan terima kasihKalau ada lowongan Pj gubernur, saya juga mauNggak usah ikut pilgub, langsung jadi gubernur," katanya sambil melirik Mendagri Mardiyanto yang ada di sebelahnya.

Bahkan, saat menutup sidang, Fathor pun masih menyempatkan diri untuk ber-joke ria"Sebelum sidang ditutup, saya ingin mengucapkan salam khas warga PKBWallahul muwafiq ilaa aqwamittooriq wassalaamu alaikum," kata Fathor yang disambut gelak tawa seluruh hadirinMaklum, Fathor adalah mantan politikus PKB yang kini menyeberang ke PKNU.

Agenda pelantikan Karsa kemarin sempat diwarnai isu hujan interupsi dari anggota dewanPasalnya, sebelumnya, sebagian anggota DPRD Jatim ngotot menolak rencana pelantikan ituTerutama dari kubu Fraksi PPP, partai pendukung pasangan KajiSelain itu, ancaman interupsi juga datang dari Fraksi PKB yang getol menggoyang posisi Fathorrasjid sebagai ketua DPRDNamun, interupsi itu tidak terealisasi"Kami putuskan untuk menerimaKarena ini agenda yang sakralTapi, kami tetap mempertanyakan proses penetapan jadwal itu," kata anggota FPPP Jamal Abdullah Al Katiri.

Setelah agenda pelantikan tuntas, acara dilanjutkan dengan ramah tamahSeluruh hadirin bergantian bersalaman dengan pasangan KarsaYang cukup menarik, beberapa petinggi FPPP malah silih berganti bersalaman dengan KarsaMereka, antara lain, MMirdasy (Plt sekretaris PPP Jatim) dan Farid Al Fauzi (mantan ketua PPP Jatim).

Selesai pelantikan, pasangan Karsa menggelar silaturahmi dengan seluruh pendukung di gedung GrahadiDalam agenda yang diramaikan beberapa pentas seni itu, Karsa kembali menegaskan beberapa janjinya pasca dilantik sebagai gubernur.

Salah satu yang bakal mendapat prioritas dari Karsa adalah percepatan pengentasan kemiskinan''Itu akan menjadi prioritasSebab, jika masyarakat lapar, dia tidak akan bisa berpikir rasional,'' katanya.

Selain itu, sederet program prioritas segera dia garapDia juga menjanjikan bakal menuntaskan proyek infrastruktur yang sampai saat ini belum selesai''Makanya, saya segera berkoordinasi dengan semua instansi dan wakil gubernur untuk membahas masalah ini,'' katanya.

Tak lupa, Soekarwo menyampaikan terima kasih kepada seluruh calon gubernur dan calon wakil gubernur yang telah bertarung secara dewasa sejak putaran pertama''Terima kasih kepada Bapak Soenarjo, Bapak Sutjipto, Bapak Achmady, dan Ibu KhofifahTanpa mereka, proses pilgub tidak akan jalan," katanya.

Secara khusus, dia juga menyampaikan terima kasih kepada Khofifah, rival utama Soekarwo dalam pilgub"Terima kasih kepada Ibu KhofifahSudah saatnya kita akhiri perseteruan iniYang terpenting sekarang adalah melanjutkan pembangunan Jatim,'' ujarnya, yang langsung disambut tepuk tangan hadirin, termasuk mantan Gubernur Imam Utomo.

Meski banyak dihadiri tokoh nasional, agenda pelantikan kemarin masih kurang lengkapSebab, para calon gubernur yang sempat bertarung sejak putaran pertama tak ada yang datang.

Sementara itu, sekitar 150 orang yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Jawa Timur Penegak Kejujuran (Ampek) menggelar unjuk rasa menolak pelantikan gubernur dan wakil gubernur JatimTapi, aksi tersebut sama sekali tak mengganggu prosesi pelantikanSebab, saat aksi berlangsung, pelantikan sudah selesai.(ris/wid/nw)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Tak Mau Serahkan Hasil Otopsi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler