Karyawan Ingin Freeport Terbuka

Serikat Pekerja Temui DPR RI

Selasa, 11 Oktober 2011 – 19:59 WIB
Puluhan orang yang tergabung dalam Aksi Solidaritas Korban PT Freeport berunjuk rasa di depan Kantor PT Freeport, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (11/10). Pendemo menuntut Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo bertanggungjawab atas penembakan terhadap rekan mereka. Foto : Arundono/JPNN

JAKARTA – Perwakilan Pengurus Unit Kerja (PUK) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) PT Freeport Indonesia mendatangi Komisi IX DPR RIMereka mengadukan masalah yang menimpa karyawan PT Freeport  Indonesia, di Papua.
       
“Aksi yang kami lakukan berangkat dari sesuatu yang tidak normal

BACA JUGA: DPR Desak Freeport Penuhi Hak Karyawan

Ini merupakan mogok yang kedua dari pekerja
PT Freeport ini ingin mem-PHK-kan pekerja,”  kata pengurus PUK SPSI PT Freeport, Airan Koibur, di hadapan Komisi IX DPR RI, Selasa (11/10).

Selain Airan, juga hadir PP SP KEP SPSI, R

BACA JUGA: KY Mengaku Terima Bocoran Vonis Mochtar Mohammad

Abdullah dan Gindo Tobing serta Presidium KAJS, Indra Munaswar
“Akhirnya PKH tidak jadi

BACA JUGA: Pemerintah Jangan Main-main Soal Tapal Batas!

Kami masuk Perjanjian Kerja Bersama (PKB)Tapi yang menjadi permasalahan adalah upah pokok,” lanjut Airan.
       
Seperti diketahui, aksi demonstrasi karyawan PT Freeport Indonesia, di Papua, Senin (10/10), menuntut kenaikan gaji berakhir rusuhDalam bentrok dengan aparat keamanan yang pecah di depan terminal, itu satu orang tewas yakni Petrus Ayemseba (36) dan beberapa lainnya mengalami luka-lukaDemonstran yang marah membakar tiga kontainer milik PT Freeport.

Dijelaskan Airan, aspirasi yang ditawarkan pihaknya bukanlah  sesuatu yang menjadi harga matiJustru, pihaknya ingin manajemen PT Freeport Indonesia terbuka kepada mereka.

“Kami ingin ada keterbukaan dari Freeport, sehingga ketika kami menawarkan nilai, kami tahu dan mengerti soal ituIni bisa dinegosiasikanTapi sampai Perjanjian Kerja Bersama berjalan, kami kurang melihat adanya keterbukaan dari Manajemen PT Freeport IndonesiaBerapa keuntungan PT Freeport selama beroperasi di Papua?,” katanya.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejaksaan Tegaskan Ketua KPU Sudah Tersangka


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler