Karyawan McDonalds Demo Kedubes AS

Kamis, 10 September 2009 – 12:21 WIB
JAKARTA- Puluhan pekerja McDonalds Indonesia melakukan demo di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (10/9)Mereka meminta kepada pemerintah AS untuk membantu penyelesaian persoalan karyawan McDonalds terkait proses peralihan aset dari PT Bina Nusa Rama (PT BNR) kepada PT Rekso Nasional Food (RNF) yang mengabaikan hak-hak dasar buruh.

Menurut Kuasa Hukum Karyawan McDonalds Indonesia Ilhamtara SH mengatakan, para karyawan itu meminta haknya yaitu pesangon sebanyak 2 kali masa kerja, uang penghargaan dan uang penggantian hak selama bekerja PT BNR

BACA JUGA: Timor Leste Tak Hargai Kerja KKP

Ia menjelaskan, pada 13 April lalu PT BNR selaku pengelola McDonalds Indonesia mengumumkan mengalihkan asetnya kepada PT RNF.

"Namun PT BNR tidak memberikan penjelasan mengenai hak-hak karyawan
Mereka justru mengeluarkan surat pernyataan bahwa seluruh karyawan menyatakan pengunduran diri,padahal karyawan tidak pernah mengundurkan diri" kata Ilham.

Ia melanjutkan, dalam hasil pertemuan dengan Disnakertrans Jakarta Selatan, sudah mewajibkan PT BNR membayar seluruh hak karyawan

BACA JUGA: KPK Segel 8 Rumah Milik Eks Dirut Bank Jabar

Namun ketika ditagih, kata Ilham, perusaahaan tersebut selalu mangkir
Saat ini karyawan telah efektif bergabung dengan PT RNF.

"Kita harap dengan aksi ini Kedubes AS sebagai wakil pemerintahan AS di Indonesia tahu dan dapat menekan perusahaan PT BNR yang notabenenya adalah milik Amerika," terangnya.(mas/JPNN)

BACA JUGA: SBY Kebanjiran Ucapan Selamat

BACA ARTIKEL LAINNYA... Giliran Mobil Koramil Tembagapura Ditembak


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler