Kata Pengamat, Check and Balanced DPR Tidak Jalan

Kamis, 10 Maret 2016 – 20:31 WIB
Siti Zuhro. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Profesor Siti Zuhro menilai, kompaknya legislatif mendukung eksekutif menjadi salah satu penyebab pemerintahan Joko Widodo gaduh berkepanjangan.

Hal itu membuat fungsi legislatif sebagai 'pengawas' kurang berjalan baik. an legislatif menjalankan fungsinya sebagai institusi pengawasan, tentu pemerintah solid dan fokus bekerja memperbaiki berbagai kekurangannya. 

BACA JUGA: Lagi, Beredar Undangan Catut Pejabat KemenPAN-RB

"DPR saat ini tidak lagi mengawasi pemerintah, malah kompak mendukung semua kebijakan pemerintah. Akibatnya internal pemerintah jadi gaduh sendiri karena check and balanced oleh partai politik di DPR terhadap eksekutif tidak jalan," kata Siti, di lobi Gedung Nusantara III, kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (10/3).

Karena tidak mendapatkan kontrol dari DPR lanjutnya, pemerintah tidak mendapat tantangan dan kritik yang membangun. "Karena tidak ada pekerjaan internal, pemerintahan jadi gaduh sendiri. Anggota kabinet rebutan di internal pemerintahan," ungkapnya. (fas/jpnn)

BACA JUGA: Ahok Berhak Jadi Calon Independen, Tapi Sebaiknya...

BACA JUGA: Trik Memilih Karyawan Terbaik Perusahaan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bandel, 37 Persen Anggota DPR Tak Laporkan Kekayaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler