Kawanan Bajing Loncat Digulung Polisi

Sabtu, 29 Juni 2019 – 12:33 WIB
Ilustrasi bajing loncat. Foto: ntmcpolri

jpnn.com, CILEGON - Tujuh bajing loncat yang biasa beroperasi di Kota Cilegon, Banten, digulung petugas Satreskrim Polres Cilegon. Ketujuh pelaku itu menyasar truk bermuatan jagung dan gandum.

Ketujuh pelaku berinisial RO, AW, AS, RI, SN, SH, dan IK diringkus di lokasi berbeda di kawasan Ciwandan, Kota Cilegon, Kamis (27/6) lalu. Polisi juga mengamankan lima karung jagung dan empat unit sepeda motor yang biasa digunakan untuk beraksi sebagai barang bukti.

BACA JUGA: Ratusan Warga Cilegon Mulai Kesulitan Air Bersih

“Para pelaku kita kenakan Pasal 363 KUH Pidana, yaitu pencurian pemberatan,” kata Kapolres Cilegon Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rizki Agung Prakoso di Mapolres Cilegon, Jumat (28/6).

BACA JUGA: 4 Bajing Loncat yang Viral di Medsos Akhirnya Diciduk Polisi

BACA JUGA: Niat Bunga Bayar Utang Menjadi Petaka

Agung mengaku, perburuan kawanan bajing loncat itu usai video aksi kejahatan mereka viral di media sosial (medsos). Aksi para pelaku dinilai telah meresahkan masyarakat dan para pelaku usaha, baik perusahaan pemilik barang maupun pengusaha truk.

“Ini sudah menjadi perhatian kita semua, kami menjadikan ini salah satu atensi yang harus kami ungkap,” jelas Agung.

BACA JUGA: Tujuh Pasangan Belum Menikah Diamankan

SH, salah satu pelaku mengaku biasa beraksi Jalan Raya Anyar, tepatnya di Kelurahan Samangraya, Kecamatan Ciwandan, dan kawasan industri PT Krakatau Steel (KS). Sasarannya adalah truk bermuatan jagung dan gandum yang mudah dijarah lantaran cenderung berjalan lamban.

BACA JUGA: Oh.. Ini Toh Bajing Loncat yang Jarah Muatan Truk Itu

Namun, bandit jalanan itu beraksi dalam kelompok kecil yang berjumlah dua atau tiga orang, meski ketujuh pelaku saling mengenal. Mereka juga memilih beraksi pada siang hari lantaran dinilai lebih aman dibandingkan malam hari. “Kalau siang kan terang, lebih kelihatan muatannya,” kata SH.

Dalam beraksi, kata SH, kawanannya akan membuntuti truk yang disasar menggunakan sepeda motor. 

Bajing loncat itu memulai aksinya setelah sampai di lokasi yang dinilai aman dan sepi atau dalam kondisi jalanan menanjak. Salah satu pelaku akan melompat ke atas truk melalui pintu belakang.

BACA JUGA: Dor! Dor! Dua Bajing Loncat Dilumpuhkan

Pelaku kemudian mengambil muatan truk dan melemparkannya ke tepi jalan. Sementara pelaku laim yang mengemudikan motor membuntuti truk. “Barangnya itu langsung dijual ke pengepul di Cigading, sekilonya Rp 3 ribu,” kata SH.

Sekali beraksi, SH mengantongi hasil Rp 100 ribu. Uang itu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. SH bersama rekannya mengaku beraksi dua sampai tiga kali setiap pekan. “Saya sudah hampir dua tahun jadi bajing loncat,” aku SH. (bam/nda/ira)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penyeludupan Ratusan Ekor Burung dari Riau Berhasil Digagalkan


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler