Kaya akan Kalium, Ini Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Jumat, 18 Januari 2019 – 16:23 WIB
Pisang dan manfaatnya. Foto: Eatthis

jpnn.com - Garam mengandung natrium atau sodium yang tak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Mengonsumsi natrium berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah.

Mulai sekarang, coba kurangi konsumsi natrium dalam diet harian dan perbanyaklah konsumsi kalium. Dari mana kalium diperoleh? Gampang, cukup dengan mengonsumsi pisang. 

BACA JUGA: Ketahui Efek Ketika Sarapan Hanya dengan Pisang

Dilansir dari Men's Health, Kamis (17/1), ada nutrisi lain yang berperan yang dapat mengimbangi efek natrium yang berpotensi merusak dan membantu kesehatan, yaitu kalium. Bahkan manfaatnya lebih baik daripada berlari. Apa saja manfaat kalium?

Menjaga Keseimbangan

BACA JUGA: Waspada, Jangan Overdosis Makan Pisang

Sebagai elektrolit, kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Sehingga tubuh tetap terhidrasi.

Baik Untuk Jantung

BACA JUGA: 6 Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

Kalium mengirimkan sinyal di sepanjang saraf. Fungsinya untuk membantu menguatkan jantung dan otot lainnya.

Kuatkan Tulang

Kalium dapat membantu menjaga tulang lebih kuat seiring bertambahnya usia. Kalium membantu mencegah beberapa keropos tulang yang berkaitan dengan usia.

Jaga Tekanan Darah

Kalium membantu mengontrol tekanan darah. Sehingga menyeimbangkan natrium untuk memindahkannya ke luar dari tubuh. Faktanya, meningkatkan asupan kalium memiliki efek positif pada tekanan darah, baik pada orang dengan tekanan darah sehat maupun tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi harian masih rendah. Rekomendasi harian adalah 4.700 miligram, namun kebanyakan hanya menerima sekitar 2.800.

Tubuh Lebih Bugar

Tubuh akan lebih bugar jika konsumsi kebutuhan kalium per hari tercukupi. Sayuran, buah-buahan, dan kacang polong (alias kacang dan kacang polong) adalah beberapa sumber kaya kalium. Beberapa produk susu juga merupakan sumber kalium atau potasium yang baik, begitu juga tomat. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketahui 7 Manfaat Konsumsi Pisang Setiap Hari


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler