Ketahui 7 Manfaat Konsumsi Pisang Setiap Hari

Kamis, 29 November 2018 – 23:13 WIB
Pisang menjadi salah satu camilan sehat di malam hari. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Pisang merupakan salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis. Bentuknya yang panjang, berwarna kuning dan memiliki rasa manis ini memang jadi kesukaan sebagian orang.

Teksturnya yang lunak juga membuat pisang jadi salah satu makanan yang gampang dicerna. Ternyata, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi pisang ini rutin setiap hari.

BACA JUGA: 7 Jenis Makanan ini Bisa Bantu Singkirkan Lemak Pinggang

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman MSN, Rabu (28/11).

1. Pisang kaya akan potasium

BACA JUGA: Mbak Riska dan Pak Kirno Bersitegang Gara-gara Pisang

Satu pisang sedang mengandung 422 miligram potasium atau sekitar 12 persen dari nilai harian mineral Anda, menurut National Institutes of Health. Tubuh Anda membutuhkan banyak potasium untuk beroperasi secara normal. Elektrolit ini membantu otot Anda berkontraksi, meningkatkan fungsi syaraf, memindahkan nutrisi ke dalam sel (dan membuangnya), mengatur detak jantung And dan mengatur natrium di tubuh Anda.

Jadi ketika Anda tidak mendapatkan cukup kalium, tekanan darah dan risiko batu ginjal Anda bisa meningkat, Anda mungkin merasa lemah dan lelah, atau bahkan mengalami kram otot.

BACA JUGA: Lesu di Sore Hari? Atasi dengan Konsumsi 7 Makanan Sehat Ini

2. Pisang membantu Anda tetap terhidrasi

Bagaimana bisa bantuan makanan padat dalam hidrasi? Kalium berperan di sini dengan membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh Anda, terutama elektrolit yang Anda turunkan (seperti natrium, magnesium, kalsium dan kalium).

Aktivitas sedang hingga intens bisa menyebabkan perubahan kecil pada kalium dan para atlet didorong untuk makan makanan kaya kalium untuk melawan ketidakseimbangan ini, menurut International Society of Sports Nutrition.

3. Pisang bagus untuk usus Anda

Satu pisang sedang mengandung3 gram serat pengisi (sekitar 10 persen dari asupan harian Anda). Pisang juga mengandung prebiotik, sejenis serat yang dapat difermentasi yang membantu bakteri baik dalam usus Anda (juga dikenal sebagai probiotik) berkembang.

4. Pisang adalah bahan bakar pra-latihan yang sempurna

Makanan terbaik untuk dimakan sebelum Anda berolahraga adalah makanan yang mengandung gula alami (karbohidrat) untuk energi, tetapi tidak terlalu keras pada perut Anda.

Pisang mengandung kedua hal ini. Plus, penelitian menunjukkan bahwa pisang memiliki senyawa unik yang bisa meningkatkan kinerja atletik.

5. Pisang bisa membantu meningkatkan pemulihan pasca-olahraga

Di sisi lain, pisang juga bisa bermanfaat setelah Anda berolahraga. Satu studi kecil 2018 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa senyawa dan phytochemical tertentu dalam pisang bisa memainkan peran yang efektif dalam mengurangi peradangan yang diinduksi oleh latihan — yang memacu nyeri otot — setelah pertarungan yang sulit dalam pelatihan ketahanan (dalam hal ini, bersepeda intens) .

6. Pisang baik untuk jantung Anda

Penelitian menunjukkan bahwa makan banyak kalium dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang secara signifikan lebih rendah dan penurunan risiko stroke. Itu karena potasium membantu menyiram natrium yang menekan jantung

7. Pisang kaya akan vitamin B6

Pisang mengandung hampir sepertiga dari nilai harian vitamin B6 Anda yang penting untuk perkembangan otak selama kehamilan dan reaksi enzim yang terlibat dalam metabolisme.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jangan Langsung Dibuang! ini 6 Manfaat Kulit Pisang


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler