Ke Fiji, SBY tak Pakai Pesawat Kepresidenan

Selasa, 17 Juni 2014 – 14:46 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Perjalanan rombongan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke Republik Fiji kali ini sedikit berbeda. Presiden tidak menumpang pesawat kepresidenan yang khusus untuknya dan rombongan.

Di Bandara Halim Perdanakusuma, presiden menumpang pesawat sewaan Garuda Indonesia.
Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar yang ikut mengantar kepergian presiden mengaku tidak tahu alasan Presiden pergi tanpa pesawat kepresidenan.

BACA JUGA: Ke Fiji, SBY tak Pakai Pesawat Kepresidenan

Emir mengaku tak terlalu terlibat dalam operasional pesawat kepresidenan Boeing Business Jet 2 (BBJ-2) tersebut.

"Kami hanya diminta oleh Setneg, ya kami siapkan," ujar Emir di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa, (17/6).

BACA JUGA: Prabowo Diyakini Bisa Atasi Kebocoran Negara

Garuda sudah menyiapkan pesawat jenis Airbus 300 untuk perjalanan Presiden ke Fiji. Pesawat ini akan terbang langsung ke Fiji dan memakan waktu 10,5 jam dari Jakarta. Perjalanan ini merupakan layanan khusus karena Garuda tidak memiliki rute penerbangan khusus Jakarta-Fiji.
Biasanya, presiden pergi dengan pesawat kepresidenan, sedangkan sebagian rombongannya menumpang pesawat komersil karena pesawat BBJ-2 hanya berkapasitas 67 penumpang.

"Enggak ada (direct flight), kalau mau ke Fiji harus lewat Sidney atau Melbourne, nanti dari sana naik Qantas atau apa baru ke Fiji," sambung Emir.

BACA JUGA: Prabowo Vs Jokowi di Jateng Memanas

Presiden RI melakukan kunjungan kenegaraan ke Republik Fiji dalam rangka melakukan pertemuan dengan bilateral dengan Presiden Ratu Epeli Nailatikau, dan Perdana Menteri Republik Fiji, Voreqe Josaia Bainimarama. Kedatangannya pun atas undangan Ratu Naila tersebut. Ini kunjungan Presiden pertama kalinya ke negara itu.

Presiden juga diundang sebagai chief guest (tamu utama) pada KTT Ke-2 The Pacific Islands Development Forum, di mana Fiji menjadi tuan rumahnya. Menurut rencana, Presiden akan berada di Fiji pada tanggal 17-19 Juni 2014. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tagih Janji Mentan Angkat Penyuluh dan THL jadi CPNS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler