Sembilan bayi kanguru yang terluka dalam peristiwa kebakaran semak di Adelaide Hills, Australia Selatan, dirawat oleh Pusat Kesehatan Hewan di Kebun Binatang Adelaide.

Para bayi kanguru yang berhasil selamat dari kebakaran itu mulai tiba di kebun binatang pada Kamis (8/1) lalu, dari Manajemen Darurat Dokter Hewan Australia Selatan yang telah mengkoordinasikan perawatan dan distribusi hewan yang terdampak kebakaran semak.

BACA JUGA: Gunung di Tonga Meletus, Maskapai Australia dan Selandia Baru Batal Terbang

Sejumlah binatang dan satwa liar yang tak terhitung jumlahnya terluka dan tewas dalam kebakaran, yang dimulai sejak 2 Januari dan menghanguskan 12.500 hektar lahan, itu.

BACA JUGA: Ditemukan Hasil Untuk Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Kanker Rahim

Dokter Hewan di Kebun Binatang Adelaide, Dr David McLelland, mengatakan, bayi kanguru abu-abu korban kebakaran itu berusaha ditangani dengan baik oleh seluruh staf rumah sakit.

"Para bayi kanguru yang kami rawat membutuhkan perawatan yang lebih intensif," kata Dr David.

BACA JUGA: Usai Penyerangan, Tiga Juta Kopi Majalah Charlie Hebdo Siap Diterbitkan

"Untuk merawat 9 pengunjung kecil kami, di luar kasus normal di kebun binatang, kami meminta para staf dan relawan kebun binatang untuk membantu," tambahnya.

Kasus-kasus yang ditangani kebun binatang ini membutuhkan perawatan tanpa henti untuk mengobati luka dan lecet; menghilangkan kulit mati dan membersihkan luka bakar pada kaki, ekor, cakar serta telinga guna menghindari infeksi.

"Kami senang dengan kemajuan mereka sampai saat ini, para bayi kini dalam kondisi baik dan menikmati banyak asupan seperti susu dan sayuran di luar menu normal mereka yakni rumput, sementara para staf menikmati banyak pelukan," ungkap Dr David.

Para dokter hewan di kebun binatang ini berharap para bayi kamguru akan dilepas kembali ke alam liar setelah direhabilitasi.

Pusat Kesehatan Hewan di Kebun Binatang Adelaide menangani sekitar 250 kasus satwa liar setiap tahunnya, yang dibawa oleh organisasi satwa liar, instansi pemerintah dan masyarakat.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seruan Bagi Sarung Untuk Koala Dapat Perhatian Luas

Berita Terkait