Kecam Kekerasan terhadap Warga Palestina, MUI Sebut Israel Negara Penjahat

Sabtu, 16 April 2022 – 23:46 WIB
MUI mengecam aksi kekerasan Israel di Masjidilaqsa. Ilustrasi Foto: Humas Polresta Tangerang

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional  Sudarnoto Abdul Hakim menyebut Israel sebagai negara penjahat.

Hal itu disampaikannya untuk menanggapi aksi kekerasan aparat Israel terhadap warga Palestina di Kompleks Masjid al-Aqsa.

BACA JUGA: Masjid Al-Aqsa Palestina Kembali Diserang, Indonesia Mengecam Israel

"Tindakan kekerasan dan penyerangan yang dilakukan oleh aparat Yahudi Zionis terhadap jemaah muslimin dan muslimat yang melaksanakan ibadah di Masjidil Aqsa benar-benar memalukan," kata Sudarnoto, Sabtu (16/4).

Aksi kekerasan itu dinilai sebagai tindakan yang meyakinkan bahwa Israel dipimpin oleh para penjahat kemanusiaan.

BACA JUGA: Arie Untung: Saudara Kami Ditembaki Lagi Dalam Masjid Al-Aqsa

"Hanya penjahatlah yang melakukan tindakan-tindakan seperti itu karena mereka memang tidak memiliki akal sehat dan nurani," ujar Sudarnoto.

Dia menyoroti penghinaan dan penistaan agama di Masjid al-Aqsa yang dilakukan Israel pada Ramadan tahun lalu dengan merusak suasana keagamaan dan kekerasan kepada umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah.

BACA JUGA: Viral, Menyanyikan Indonesia Raya Sebelum Salat Tarawih, MUI Bilang Begini

Sudarnoto menegaskan tindakan kejahatan tersebut tidak bisa diterima oleh akal dan sehat serta bertentangan dengan ajaran agama apa pun dan hukum internasional.

Dia menilai umat Islam Indonesia seharusnya mengutuk tindakan aparat Israel. Sudarnoto juga berharap umat Islam di Indonesia ikut serta melakukan langkah-langkah positif membela warga, rakyat dan bangsa Palestina dari ketertindasan dan kebrutalan Israel.

Selain itu, Sudarnoto juga memberikan imbauan kepada negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel untuk meninjau ulang kerja sama dengan israel.

Langkah lain yang dianggap perlu oleh negara-negara tersebut ialah melakukan langkah-langkah yang pasti untuk melawan Israel dengan berbagai cara  yang bisa dilakukan agar Israel menghentikan sama sekali kejahilan atau kejahatan yang secara terus menerus dilakukan terhadap warga Palestina.

Negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel juga diimbau untuk meningkatkan kesadaran bahwa Isreal merupakan negara yang tidak bisa dipercaya.

"Sebagaimana yang pernah MUI sampaikan, maka diperlukan langkah-langkah yang serius yang dilakukan oleh elemen masyarakat manapun untuk memboikot Israel dan menyeret Israel ke Mahkamah Internasional dan berikan sanksi internasional kepada Israel," tutur Sudarnoto.

Dia juga mengatakan Amerika Serikat seharusnya mengubah cara pandangnya agar bisa bertindak secara lebih adil dan benar-benar membela kemanusiaan.

"Israel benar-benar melakukan kemungkaran dan karena itu Amerika harus tunjukkan kemauan dan kemampuannya menghentikan kebrutalan Israel," tandas Sudarnoto. (mcr9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MUI Komentari Video Jemaah Menyanyi Indonesia Raya Sebelum Tarawih, Begini Kalimatnya


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
MUI   Palestina   Masjidilaqsa   Israel  

Terpopuler