Kecelakaan Kerja Disebut Masih Tinggi, Kemnaker: Perlu Perhatian Serius Para Ahli K3

Selasa, 03 September 2024 – 12:23 WIB
Kemnaker melihat saat ini kecelakaan kerja di setiap perusahaan semakin meningkat. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melihat saat ini kecelakaan kerja di setiap perusahaan semakin meningkat.

Tentu ini merupakan pesan dan catatan penting bagi stakeholder keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sekaligus menjawab dan menangani secara serius.

BACA JUGA: Sekjen Kemnaker Temui 2 Pejabat Penting di Nagano, Bahas Kerja Sama Pengembangan SDM

"Salah satu ikhtiar kita untuk menjawab isu semakin meningkatnya kecelakaan kerja di tempat kerja dan semakin meningkatnya tantangan ke depan atas K3,  yakni meningkatkan kompetensi Ahli K3, " kata Plt. Dirjen Binwasnaker & K3 Kemnaker Fahrurozi melalui Siaran Persnya di Jakarta, Selasa (3/9).

Dia mengungkapkan dalam forum G20 di Fortaleza, Brasil, akhir Juli 2024 lalu, isu K3 juga mengemuka di tengah perubahan iklim global yang menantang.

BACA JUGA: Kemnaker dan Apindo Teken Nota Kesepahaman Bersama, Menaker Ida: Ini Merupakan Sejarah

Dalam forum khusus networking K3 di G20 Brasil tersebut, memberikan pesan atau catatan agar pelaksanaan K3 tidak menggunakan narasi seperti yang sebelumnya.

"Tantangan ke depan semakin banyak, khususnya penerapan K3 di luar tempat kerja. Jadi, mereka yang bekerja di luar lebih berisiko atas K3 ini, ditambah perubahan iklim dan pemanasan global, " ujarnya.

BACA JUGA: Perkuat Kolaborasi Ketenagakerjaan, Kemnaker & Apindo Teken Nota Kesepahaman Bersama

Fahrurozi mengatakan forum peningkatan keahlian K3 yang diikuti 30 orang Ahli K3 secara offline dan 2500 Ahli K3 secara online ini sangat strategis dan penting untuk meningkatkan knowledge, skill, dan attitude bagi Ahli K3 di perusahaan

"Jadi, Ahli K3 itu harus punya catatan dan langkah-langkah mitigasi agar apa isu yang berkembang ini menjadi salah satu concern kita untuk menjamin kecelakaan kerja itu tak terjadi," kata Fahrurozi.

Sementara Direktur Bina Kelembagaan K3 Kemnaker, Hery Sutanto dalam kegiatan 'Peningkatan Kompetensi Ahli K3 TA 2024' mengungkapkan target peserta sesuai Renstra Ditjen Binwasnaker dan K3 sebanyak 50 persen dari 32.460 yaitu sebanyak 16.230 peserta.

Saat ini baru angkatan ke-5 dari 8 angkatan akan digelar secara simultan hingga Novermber 2024 mendatang. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemnaker Dukung Upaya Perguruan Tinggi Cetak SDM yang Siap Bersaing di Dunia Kerja


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler