Kejagung Intensif Periksa Saksi Kasus Korupsi Duta Palma di Pekanbaru

Rabu, 31 Juli 2024 – 16:05 WIB
Durya Darmadi (tengah) di persidangan perkara korupsi. Dok: Antara.

jpnn.com, PEKANBARU - Tim jaksa penyidik dari Kejaksaan Agung (Kejagung) mengintensifkan penyidikan kasus dugaan korupsi korporasi PT Duta Palma Grup.

Para penyidik telah berada di Pekanbaru sejak Senin 29 Juli 2024, untuk memeriksa sejumlah saksi terkait dugaan korupsi dalam kegiatan usaha perkebunan kelapa sawit yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

BACA JUGA: LP3HI Dukung Kejagung Jerat Anak Perusahaan Duta Palma di Kasus Alih Fungsi Lahan

"Pemeriksaan saksi dilakukan secara maraton di Kantor Kejaksaan Tinggi Riau," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Harli Siregar, Rabu (31/7).

Kasus ini merupakan pengembangan dari perkara korupsi yang sebelumnya telah menjerat pemilik PT Duta Palma Grup Surya Darmadi.

BACA JUGA: Buron Sejak 2016, Pria Tua Ini Ditangkap Tim Tabur Tanpa Perlawanan

Surya Darmadi telah divonis bersalah dan hukumannya telah berkekuatan hukum tetap atas kasus serupa.

Dugaan korupsi yang kini tengah diselidiki terkait dengan perizinan perkebunan kelapa sawit yang dilakukan oleh PT Duta Palma Grup di kawasan hutan Kabupaten Indragiri Hulu.

BACA JUGA: 2 Pria Ini Curi Rp 300 Juta dengan Modus Ganjal ATM, Kini Rasakan Akibatnya

Perusahaan diduga telah melakukan manipulasi data dan bekerja sama dengan oknum pejabat untuk mendapatkan izin perkebunan di lahan yang seharusnya dilindungi.

“Dengan adanya pemeriksaan intensif ini, Kejaksaan Agung menunjukkan komitmennya untuk mengungkap seluruh jaringan korupsi dalam kasus ini dan membawa pelaku ke meja hijau,” tutur Harli Siregar. (mcr36/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Rizki Ganda Marito

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler