Sydney memiliki sejarah panjang soal kelompok yang gemar bertelanjang di pantai, yang dikenal dengan isilah nudist. Masih ada sejumlah kawasan di pantai utara dan selatan kota Sydney yang memperbolehkan pengunjungnya bertelanjang, asalkan bergabung dengan kelompok khusus demi privasi dan kenyamanan.

Para anggota dari Heritage Australian Nudist Club mengaku ada banyak cara untuk menikmati hidup, tidak terbatas pada berjemur di bawah sinar matahari atau bermain pasir.

BACA JUGA: Anak Yatim Penderita HIV di Solo Ditolak Masyarakat Setempat

Kelompok yang gemar bertelanjang di pantai ini termasuk kelompok nudist tertua di Australia, yang berdiri sejak tahun 1949.

Sejumlah pantai-pantai khusus dengan privasi tingkat tinggi dimiliki oleh kelompok ini, salah satunya adalah Minto Heights di negara bagian New South Wales.

BACA JUGA: CMV Jadi Penyebab Utama Cacat Non Genetika pada Bayi

Pantai ini memiliki kawasan semak-semak bagi mereka yang suka berjalan menelusuri jalan setapak dan pantai untuk berenang.

"Sangat menyegarkan dan membuat rileks saat berjalan-jalan menelusuri semak-semak tanpa sehelai pakaian apapun," ujar Michael, presiden kelompok nudist.

BACA JUGA: Inilah 5 Tempat Petualangan Alam Pilihan Para Ilmuwan

Michael dan istrinya sudah menjadi anggota kelompok tersebut selama 14 tahun. Ia pertama kali tahu soal keberadaan kelompok tersebut dari sebuah iklan yang ada di koran lokal.

Pasangan tersebut juga merasa sangat berkesan dengan keramahan dari anggota lain yang juga gemar bertelanjang.

"Sangat ramah, mereka menyambut kami dengan baik dan dibuat merasa nyaman," katanya. "Dan saya terkejut ketika istri saya juga mengatakan dirinya ingin bergabung,"

Setiap anggota memiliki kunci sendiri untuk bisa masuk ke kawasan pantai yang sangat terjaga privasinya. Mereka diperbolehkan mengunjungi pantai khusus tersebut kapan pun.

Michael mengatakan mereka yang baru bergabung lebih merasa nyaman untuk menggunakan fasilitas yang disediakan oleh klub, daripada mengunjungi pantai nudist yang terbuka untuk umum, seperti pantai Lady Jane di kawasan South Head, New South Wales.

"Mungkin terasa orang-orang melihat Anda [jika di pantai nudist untuk publik], tetapi di fasilitas milik klub Anda merasa lebih aman karena saling mengenal," tambah Michael. "Bisa jadi karena lebih ada rasa percaya dan menghormati..."

Ia juga menjelaskan mereka yang ingin bergabung diperbolehkan untuk mencoba terlebih dahulu berkunjung ke pantai khusus tersebut.

"Kita akan bertemu mereka dari beberapa jarak tertentu, kemudian mereka dipersilakan masuk ke klab," katanya. "Setelah diajak berkeliling mereka kemudian bisa memutuskan untuk bergabung atau tidak."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kehidupan Sehari-hari di Australia Dalam Gerak Lambat

Berita Terkait