Keluarkan 2 Kartu Merah, Wasit Foy Anti-Chlesea?

Senin, 17 Maret 2014 – 11:16 WIB

jpnn.com - LONDON – Kemenangan 1-0 yang diraih Aston Villa dari Chelsea pada laga akhir pekan lalu tak lepas dari keputusan wasit Chris Foy yang mengeluarkan dua punggawa The Blues. Jika tidak ada dua kartu merah, Chelsea mungkin bisa memenangkan pertandingan atau menuai hasil imbang. Uniknya, Chris Foy punya catatan buruk dalam setiap memimpin pertandingan yang melibatkan Chelsea.

Chelsea memang terlihat kesulitan saat menghadapi tuan rumah Aston Villa di Stadion Villa Park. Fernando Torres yang diturunkan sebagai starter, bermain sangat buruk. Torres akhirnya digantikan oleh Demba Ba pada menit ke-67. Namun, buruknya permainan Chelsea tak serta merta membuat Aston Villa lebih dominan. Bisa dibilang, skor imbang menjadi hasil yang adil untuk laga tersebut.

BACA JUGA: Wasit dan Kartu Merah Bikin Frustrasi

Kenyataannya justru bertolak belakang. Chelsea akhirnya dipaksa kalah 1-0 berkat gol Fabian Delph pada menit ke-82. Tapi gol kemenangan itu tak lepas dari keputusan Foy memberi kartu merah kepada Willian pada menit ke-68.

Chelsea semakin kesulitan menyamakan kedudukan setelah Foy mengeluarkan kartu merah kedua kepada Ramires di pengujung pertandingan. Pelatih Jose Mourinho juga ikut mendapat kartu merah karena melakukan protes berlebihan.

BACA JUGA: Di Brasil Dominan dengan Kepala

Kekalahan kontroversial yang dialami Chelsea seketika memunculkan isu adanya konspirasi yang sengaja ingin menggagalkan ambisi The Blues merebut trofi musim ini. Uniknya, Foy punya catatan buruk setiap kali memimpin laga-laga Chelsea. Tercatat dari delapan laga Chelsea yang dipimpin oleh Foy, terdapat enam pemain Chelsea yang mendapat kartu merah oleh wasit berusia 51 tahun itu.

Foy juga bukan sekali mengeluarkan dua kartu merah dalam satu pertandingan kepada pemain Chelsea. Hal itu juga pernah terjadi pada 23 Oktober 2011 dalam laga Chelsea kontra Queens Park Ranger. Foy mengeluarkan kartu merah kepada Didier Drogba dan Jose Bosingwa.

BACA JUGA: Jerman Ingin Beradaptasi dengan Kultur Sepakbola Brasil

Mourinho sendiri enggan berbicara seputar isu konspirasi itu. Tetapi, seperti biasa, ia juga mengeluarkan pernyataan yang sedikit provokatif. ”Kami pasti sedang sangat sangat tidak beruntung karena kembali mendapatkan wasit dengan performa seperti hari ini. Ini bukan hanya soal satu kesalahan dari satu wasit. Ini soal performa wasit dari menit pertama hingga menit ke-94,” ujar Mourinho seperti dilansir Setanta.

Akibat kekalahan itu, Chelsea gagal menjauh dari kejaran Manchester City yang meraih kemenangan 2-0 dari Hull City. Kini Chelsea hanya unggul enam poin dari City. Posisi itu sangat rentan tergeser karena City memiliki tiga sisa pertandingan lebih banyak ketimbang Chelsea. (ish)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rooney Bertahan karena Moyes


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler