Sebuah rumah warga di Darwin menerima sebuah kejutan yang mencurigakan pekan ini, ketika mereka menemukan bangkai ikan hiu dengan panjang sekitar satu meteran di dekat pintu rumah mereka.

"Bangkai ikan itu sudah setengah dipotong juga jadi bangkainya masih tersisa bagian kepala dan ekornya tapi bagian tubuhnya sudah hilang seluruhnya,” kata penduduk Fannie Bay, Tess Kelly.

BACA JUGA: Hasil Investigasi Pastikan MH17 Ditembak Jatuh Oleh Rudal Rusia

"Baunya, sudah pasti, mengerikan."

Fannie Bay adalah sebuah daerah pinggiran pantai dan perairan sekitarnya adalah rumah bagi sejumlah spesies ikan hiu, banyak di antaranya yang relatif jinak dan lebih suka memangsa satwa laut kecil.

BACA JUGA: Maria Expoto Divonis Mati di Malaysia

Akhir tahun lalu warga setempat juga telah melaporkan temuan ikan hiu dengan siripnya yang sudah dibuang secara ilegal di pantai terdekat .

Tapi Thor Saunders, ilmuwan riset utama di Fisheries NT, meyakini satu-satunya ketentuan yang dilanggar dalam kejadian ini adalah membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA: Senator Australia Disoroti Terkait Kepemilikan Obligasi Tambang Batu Bara

Dia mengatakan kepada ABC sisa-sisa tubuh ikan hiu itu menunjukan ikan tersebut telah ditangkap secara lokal sebelumnya untuk kepentingan dikonsumsi.

"Biasanya jika orang memotong hiu untuk umpan mereka menggunakan seluruh bagian dari ikan dan memotong [semuanya] menjadi potongan-potongan kecil, sedangkan jika seseorang memakannya, mereka umumnya akan mengambil sirip serta mengiris bagian daging (filleting) ikan itu.

"Seperti itulah penampakan bangkai ikan hiu itu."

Program identifikasi hiu sering bergantung pada pengawasan visual dari sirip ikan yang dalam contoh ini telah hilang.

Saunders mengatakan, identifikasi hanya bisa dipersempit menjadi dua spesies yang relatif umum ditemukan di perairan pesisir utara, yaitu ikan hiu tinumbu (gracefull shark) dan hiu sirip hitam (blacktip).

"Jika tertangkap di sekitar daerah Fannie Bay, itu mungkin hiu tinumbu," katanya.

"Mereka cenderung menghuni perairan pantai, sementara hiu sirip hitam menempati perairan lebih jauh."

Pembuangan itu menyusul sebuah insiden pekan lalu di mana NT Fisheries diberitahu tentang bangkai ikan yang dibuang di pinggiran Rapid Creek yang berdekatan.

"Sayangnya kami memiliki beberapa insiden pembuangan bangkai ikan sembarangannya yang telah dilaporkan kepada kami dan polisi air juga melakukannya," kata Saunders.

"[Pembuangan bangkai yang terjadi pekanlalu ini tampak sepertinya ikan-ikan itu seukuran ikan barra tetapi mereka telah diambil dagingnya dan dibuang, jadi sekali lagi itu adalah pelanggaran yang mengotori dan bukan pelanggaran Perikanan."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beras Semakin Kehilangan Nutrisinya di Masa Depan

Berita Terkait