Kematian Covid-19 Meningkat, Pimpinan MPR: Kelompok Rentan Harus dapat Perlindungan

Jumat, 29 Juli 2022 – 20:08 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengimbau kepada kelompok rentan harus segera mendapat perlindungan yang memadai. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan tingkat kematian akibat Covid-19 kembali merangkak naik.

Karena itu, dia mengimbau kepada kelompok rentan harus segera mendapat perlindungan yang memadai.

BACA JUGA: Pimpinan MPR Minta Polisi Segera Menahan Tersangka Dalam Kasus Ini

"Upaya adaptasi untuk hidup bersama covid-19 di tanah air ternyata belum maksimal. Jumlah kasus kembali meningkat yang mulai berdampak pada kematian," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/7).

Catatan Satgas Covid-19, Kamis (28/7) menyebutkan kasus Covid-19 harian Indonesia berada di atas angka 6 ribu selama 3 hari terakhir.

BACA JUGA: Pimpinan MPR dan Presiden Jokowi Duduk Berhadapan Bahas Agenda Penting

Jumlah kematian dalam tiga hari terakhir berada di atas angka 10 kasus.

Menurut Lestari, dampak kematian yang mulai meningkat harus menjadi perhatian bersama dengan segera menetapkan sistem perlindungan bagi kelompok rentan.

BACA JUGA: Pimpinan Fraksi MPR dan DPD Gelar Rapat Gabungan, Ini Hasil Pembahasannya

Para tenaga kesehatan dan orang dengan komorbid, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, bisa menjadi target utama perlindungan segera.

"Demikian pula dengan kelompok lansia dan anak-anak," tuturnya.

Pemerintah merencanakan pemberian booster kedua bagi para tenaga kesehatan.

Rerie mendorong agar perhatian serius juga harus diberikan kepada para penyandang komorbid, lansia, dan anak-anak yang belum sepenuhnya mendapat vaksin dengan dosis lengkap.

Sejumlah sistem pencegahan untuk melindungi kelompok rentan, ujar politikus Partai NasDem itu, harus segera diberikan agar bisa menekan penyebaran covid-19 yang lebih parah lagi.

Dia menyebut upaya pencegahan penyebaran covid-19 agar tidak meluas harus segera dilakukan.

Mengingat, kata dia, saat ini bangsa Indonesia sedang berupaya untuk bangkit dari berbagai dampak krisis global.

Rerie berharap seluruh anak bangsa bisa berperan aktif dalam berbagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di tanah air.

Agar program pemulihan dampak krisis global di berbagai bidang bisa berjalan sesuai rencana tanpa terkendala peningkatan kasus covid-19 di tanah air.

"Harus memakai masker, menjaga jarak, dan kebersihan diri serta lingkungan harus benar-benar menjadi norma baru dalam keseharian," ungkapnya.

Upaya meningkatkan imunitas tubuh anak bangsa, tegas Rerie, harus terus ditingkatkan secara konsisten agar menekan potensi penularan covid-19 yang lebih luas lagi. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kasus Covid-19 Meningkat, Anggota DPR Minta Semua Pihak Terapkan Prokes di Sekolah


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler