Kembang Api Sydney Tandai Masuknya 2011

Jumat, 31 Desember 2010 – 20:07 WIB
MERIAH - Salah satu gambaran puncak perayaan malam tahun baru di Sydney, dengan kembang apinya yang meriah. Foto: Akademifantasia.org.
SYDNEY - Dalam deretan kota-kota besar di dunia, terutama yang senantiasa menggelar malam tahun baru alias New Year"s Eve (NYE) dengan meriah, Sydney di Australia senantiasa menjadi yang pertama kali merasakannyaYa, itu karena dalam hitungan waktu dunia, dibandingkan Jakarta misalnya, Sydney lebih dulu empat jam (tambahan 1 jam karena ada pemberlakuan daylight saving time, Red)

BACA JUGA: Mantan Presiden Israel Terbukti Memperkosa

Artinya pula, pada sekitar pukul 20.00 WIB lewat ini, Sydney sudah memasuki batas tengah malam alias berada di tahun 2011.

Puncak perayaan tahun baru di Sydney sendiri, sejak lama sudah dikenal sebagai salah satu yang termeriah di dunia
Perayaan ini identik dengan pertunjukan kembang api besar-besaran, yang terutama berpusat di kawasan Sydney Harbour dan sekitarnya, dengan dua ikon bangunan penting yakni Harbour Bridge dan The Opera House

BACA JUGA: Banjir, Queensland jadi Danau

Jutaan orang biasanya berada di Sydney dan sekitarnya khusus untuk momen ini, yang bahkan datang dari berbagai belahan dunia, dengan setidaknya ratusan ribu di antaranya "ngetem" di sekitar kawasan Sydney Harbour.

Dikutip dari situs berita ABC, meski kali ini beberapa kawasan di Australia harus diterpa berbagai masalah, terutama oleh bencana banjir, juga kekeringan dan kebakaran, perayaan Tahun Baru 2011 di Sydney tetap saja digelar meriah dan semarak
Ratusan ribu orang setidaknya, diberitakan sudah hadir di bagian-bagian pusat kota Sydney, bahkan sejak sehari sebelum puncak acaranya, alias Kamis (30/12) kemarin.

Puncak perayaaan tahun baru di Sydney sendiri, dengan pesta kembang apinya, dilaporkan menelan dana tak kurang dari 5 juta dolar AS

BACA JUGA: Antonov Jatuh, 12 Pilot Militer Rusia Tewas

Ya, itu karena pertunjukan kembang apinya sendiri disebut-sebut sebagai yang terbesar sekaligus tercanggih di duniaTak kurang dari 100 ribu kembang api disebutkan disiapkan, dengan total berat mencapai 4,5 tonPenikmatnya? Sekitar 1,5 juta orang diprediksikan di sekitar kawasan itu saja - plus lebih dari 1 miliar penduduk lain dunia lewat siaran TV.

"Kita mungkin dicemburi oleh sebagian besar orang-orang (di bidang) kembang api di dunia," ungkap Fortunato Foti, penanggung jawab sekaligus pengarah pertunjukan yang disebutkannya butuh persiapan selama delapan bulan itu, seperti dikutip situs MonstersAndCritics.com.

Acara yang buang-buang uang atau dana? TidakSebab, seperti ditulis ABC pula, pemerintah negara bagian New South Wales sendiri, sudah memperhitungkan bahwa setidaknya momentum ini bakal memberikan pemasukan ke perekonomian kawasan itu hingga sekitar 156 juta dolar ASWell, siapa yang tak akan suka menggelar event besar-besaran dengan modal berapapun, kalau rasio untungnya sebesar itu?

Di sisi lain, selain masalah cuaca yang cukup menimbulkan masalah di masa-masa pergantian tahun kali ini di Australia, di pusat kawasan perayaan NYE sendiri, diberitakan ada sedikit pengetatan aturan yang diterapkan oleh pemerintah setempatTepatnya yakni lewat pembatasan konsumsi alkoholDisebutkan, dari 43 titik utama untuk menyaksikan pesta kembang api 2011 ini, 18 kawasan di antaranya diputuskan sebagai daerah bebas alkohol.

Tak ketinggalan, sejumlah hotel serta beberapa dewan kawasan (semacam distrik atau kecamatan, Red) di Sydney, juga sudah berencana membatasi minuman beralkoholSementara di Manly, kawasan wisata pantai terkenal di seberang perairan sebelah utara Sydney, para pengelola pub dan bar pun berencana sudah akan tutup usaha pada pukul 23.00 alias 1 jam sebelum tengah malam.

Terhadap hal ini, Kristina Keneally, selaku pejabat di daerah tersebut menyebutkan, pembatasan ini ditujukan untuk lebih memberi kenyamanan bagi para keluarga (termasuk anak-anak yang di malam tahun baru sering ikut hadir sampai tengah malam, Red)Sementara, pihak kepolisian pun sudah memastikan akan menindak (menangkap dan menyidangkan) siapa saja yang terlihat mabuk atau mengganggu ketertiban dan kenyamanan khalayak di malam itu(ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cabut Darurat di Thailand Selatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler