Kemdiknas Gelar Kontes Robot Cerdas

Selasa, 15 Juni 2010 – 18:23 WIB

JAKARTA - Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan menggelar Kontes Robot Indonesia (KRI)Kontes robot yang terbagi dalam kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) itu akan digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 19-20 Juni 2010 mendatang.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, tema KRI tahun ini adalah "Bersama Membangun Candi Prambanan"

BACA JUGA: Kemendiknas Siapkan Regulasi Baru Kuota SNMPTN

"Para mahasiswa atau para peserta harus dapat merancang dua jenis robot
Yakni robot manual dan robot otomatis

BACA JUGA: Penderita Autis juga Berhak Atas Beasiswa

Robot-robot tersebut harus mampu membangun Candi dengan mengangkat balok-balok dan menyusun di atas candi secara teratur mengikuti alur penyusunan yang telah ditentukan," ungkap Fasli di dalam konferensi pers di Gerai Informasi dan Media, Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (15/6) sore.

Fasli menjelaskan, KRCI akan mengusung tema Robot Cerdas Pemadam Api
"Sesuai dengan temanya, para peserta kontes harus dapat mendesain robot yang akan bergerak dalam lapangan pertandingan untuk memadamkan sejumlah lilin yang berada dalam beberapa kamar yang diletakkan secara acak," jelas Fasli.

Sementara untuk KRSI, para peserta akan diwajibkan membuat satu atau beberapa robot yang terkoordinasi untuk menampilkan tari Pendet

BACA JUGA: Kelas Internasional Bikin RSBI Mahal

"Robot penari harus menyerupai struktur tubuh manusia dengan tinggi minimum 50 cm dan maksimum 75cm dengan berat total maksimum 30kg," paparnya.

Lebih lanjut Fasli juga mengatakan, kontes robot tingkat nasional ini akan diikuti 200 buah robot karya 96 tim mahasiswa dari 53 perguruan tinggi negeri dan swastaPemenangnya, kata Fasli, akan dikirim ke kontes robot internasional di Kairo pada 19 September 2010 dan diikuti oleh 20 tim dari 19 negara Asia Pasifik(Cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pendidikan Karakter Jangan Dikurikulumkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler