Kemenag Tunggu Keppres soal Biaya Haji

Rabu, 06 Februari 2019 – 17:26 WIB
Jemaah haji Indonesia. (Foto: Dok Jpnn.com)

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memang sudah mengumumkan biaya haji. Namun, para calon jemaah haji (CJH) di Kota Delta belum bisa melakukan pelunasan.

Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo masih menunggu keputusan presiden (keppres). Sebab, biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) di setiap daerah tidak sama.

BACA JUGA: Biaya Haji Indonesia Termurah di ASEAN, Nih Buktinya

"Masing-masing embarkasi berbeda (jumlah biaya)," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmad Nasrudin.

Menurut dia, biaya itu bergantung jarak embarkasi dengan Tanah Suci. Semakin dekat, semakin murah. Misalnya, biaya haji CJH asal embarkasi Aceh lebih murah jika dibandingkan CJH embarkasi Jakarta.

BACA JUGA: Penetapan BPIH Cepat, Persiapan Haji Lebih Matang

Lalu, Jakarta tentu juga lebih murah daripada embarkasi Surabaya. Karena itu, pihaknya masih menunggu kepastian biaya haji per embarkasi.

Menurut Nasrudin, jika pemerintah menyatakan BPIH sama dengan tahun sebelumnya, mungkin biaya haji di setiap embarkasi juga tidak berbeda dengan tahun lalu.

BACA JUGA: Calon Jemaah Haji Diminta Siapkan Pelunasan BPIH

Pada 2018, CJH dari Kota Delta membayar Rp 36.091.845. Jumlah tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan biaya 2017, yakni Rp 35.666.250.

"Kami berharap keputusan biaya per embarkasi segera terealisasi," ucapnya.

Dengan begitu, lanjut dia, pihaknya bisa segera memberitahukan kepada para CJH. Sebab, sudah banyak CJH yang menanyakan biaya pelunasan. Awalnya, pelunasan BPIH bisa dilakukan akhir Januari hingga awal Februari. Ternyata, jadwal tersebut mundur.

Meski demikian, Kemenag Sidoarjo terus berkoordinasi dengan para CJH. Termasuk dengan pihak bank dan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH).

"Pokoknya jika ada pemberitahuan baru, segera kami kirim surat edaran," ujarnya.

Pada tahun ini, CJH dari Kota Delta sebanyak 2.476 orang. Jumlah itu mungkin bisa bertambah. Sebab, masih ada CJH yang masuk daftar cadangan. (may/c6/hud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Biaya Haji 2019 Tak Naik, Pelayanan Ditambah


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler