Kemenakertrans Pulangkan 1.277 TKI Overstayers

Selasa, 01 November 2011 – 14:11 WIB

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memantau kepulangan 1277 orang TKI  yang telah dipulangkan dari Arab Saudi pada tanggal 30-31 Oktober 2011

BACA JUGA: Marak Vonis Bebas, KY Lakukan Riset

Sekretaris Jenderal (Sekjen Kemenakertrans) Muchtar Lutfie  mengatakan, hal ini bertujuan untuk memastikan para TKI sampai ke kampung halamannya dengan selamat.

“Penanganan pemulangan TKI overstayer yang terakhir ini harus diselesaikan secara tuntas
Mereka harus dipastikan kembali ke kampung halamannya dengan selamat dan diharapkan dapat mengikuti pelatihan wirausaha agar segera mendapatkan pekerjaan baru,” terang Muchtar usai memantau pemulangan TKI Overstayer di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (1/10).

Dijelaskan, pelaksanaan pemulangan TKI ovestayer yang melibatkan koordinasi dan kerjasama lintas kementerian dan instansi terkait telah dilaksanakan dengan baik

BACA JUGA: KY Kumpulkan Informasi Vonis Bebas Tipikor Samarinda

Pemerintah Arab Saudi pun telah bekerja sama dengan baik untuk menanggulangi masalah TKI Overstayer ini.

“Model koordinasi dan kerjasama terpadu antara lembaga ini, diharapkan dapat senantiasa dilakukan untuk membenahi seluruh sistem yang terkait dengan perlindungan dan penempatan TKI  yang hendak bekerja di luar negeri  secara bersama-sama,” kata Muchtar.

Berdasarkan data terakhir, tercatat sebanyak 1.277orang TKI Overstayer yang dipulangkan dari Arab Saudi dengan menggunakan 4 kloter penerbangan pesawat haji.  TKI Overstayer yang dipulangkan terdiri dari 1.211  orang dewasa, 39 anak, dan 27 bayi
Kepulangan TKI ini didampingi oleh 17 orang petugas yang berasal dari Kemenakertrans, Kemenaterian Luar negeri, Kementerian Kesehatan dan BNP2TKI.

Berikut Rincian pemulangan  1.277 orang TKI Overstayer yang dilakukan pada tanggal 30-31 Oktober 2011

BACA JUGA: Menkumham Diminta Permanenkan Moratorium Remisi bagi Koruptor

Kloter pertama  berangkat dari Arab Saudi pada tanggal 30 Oktober   berjumlah  351 orang yang terdiri dari 346 dewasa, 3 anak dan 2 orang bayi.

Kloter 2 yang berangkat pada tanggal 31 oktober berjumlah 356 orang yang terdiri dari 334 dewasa, 11  anak dan 11 bayiKloter 3 berangkat pada tanggal 31 Oktober  berjumlah 341 orang yang terdiri dari 309 dewasa,  23 anak dan 9 bayiSedangkan kloter terakhir berangkat tanggal 31 Oktober berjumlah 229 orang yang terdiri dari 222 dewasa, 2 anak dan 5 bayi(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siapkan 7 Ribu Lowongan di Arab


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler