Kemendikbudristek Serius Menuntaskan P1 ke PPPK, Ketum Guru Lulus PG Tunjukkan Buktinya

Selasa, 27 Juni 2023 – 14:22 WIB
Ketum FGHNLPSI Heti Kustrianingsih di kantor JPNN.com beberapa waktu lalu. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ternyata serius menuntaskan guru prioritas satu (P1) menjadi PPPK.

Menurut Ketum Guru Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) Heti Kustrianingsih, salah satu bukti keseriusan Kemendikbudristek itu adalah dengan adanya surat edaran yang ditujukan kepada Dinas Pendidikan dan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

BACA JUGA: Kebutuhan PPPK Guru 601.174, Usulan Formasi 2023 Cuma 278.102, Nunuk Sentil Pemda

Dalam surat tersebut, kata Heti, Kemendikbudristek meminta agar P1 yang mengundurkan diri, meninggal, pensiun, dan alasan lainnya didata kembali.

Hal tersebut dalam upaya optimalisasi agar P1 yang belum terakomodasi dalam seleksi PPPK 2021/2022 bisa terangkut.

BACA JUGA: Dirjen Nunuk Minta Pemda Menambah Usulan Formasi PPPK Guru 2023

"Informasi yang kami terima dari BKPSDM, Kemendikbudristek sudah bersurat kepada daerah untuk pendataan yang sudah mengundurkan diri atau meninggal atau pensiun. Ini menunjukkan Kemendikbudristek serius menuntaskan P1," kata Heti kepada JPNN.com, Selasa (27/6).

Surat Kemendikbudristek tersebut, ujar Heti, langsung ditindaklanjuti BKPSDM dan Dinas Pendidikan.

BACA JUGA: Umur Komplotan Begal Bengis Bersenjata Tajam Bikin Bergeleng

Sayangnya, untuk pengisian formasi P1 yang mundur itu harus menunggu persetujuan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kondisi tersebut menurut Heti, menjadi dilematis bagi Pemda. Mereka ingin menambah formasi P1 sesuai data yang tidak aktif lagi, terganjal aturan KemenPAN-RB.

"Data usulan formasi sudah tutup kan, makanya suratnya Kemendikbudristek tidak bisa dimaksimalkan. Kan, eman-eman, ya," cetusnya.

Ironinya, sebagian daerah malah menggantinya dengan mengusulkan formasi tenaga teknis.

Menurut Heti, sangat tidak fair bila formasi untuk P1 malah diisi tenaga teknis, padahal Kemendikbudristek ingin guru lulus PG dituntaskan semuanya tahun ini.

Heti mengusulkan penggantian formasi untuk P1 secara otomatis. Jadi, jatah P1 yang mundur atau meninggal langsung digantikan oleh P1 lainnya.

"Bukan malah tenaga teknis yang menggantikan. Kan tidak fair namanya," ucapnya.

Heti menambahkan seharusnya instansi terkait mendukung upaya Kemendikbudristek untuk menuntaskan P1 tahun ini.

Kemendikbudristek sudah mencari berbagai solusi untuk memaksimalkan formasi PPPK guru 2023. Jika upayanya tidak didukung pemda, bagaimana P1 bisa tuntas.

"P1 itu tanda mata dari pemerintah dan seharusnya dituntaskan lebih dahulu. Jika sudah tuntas semuanya monggo ke jabatan lainnya," kata Heti Kustrianingsih. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dukun Biadab, Anak Kandung Diperkosa Berulang Kali, Korban Melahirkan 7 Bayi


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler