Kemenkumham Keluarkan 3.000 Paspor Kosong

Seiring Evakuasi WNI dari Mesir

Jumat, 04 Februari 2011 – 14:31 WIB
JAKARTA - Proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Mesir yang tengah bergejolak, saat ini masih terus berjalanUntuk memudahkan proses evakuasi khususnya pada bidang imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pun disebut telah mengirimkan 3.000 paspor kosong bagi WNI yang hendak pulang ke tanah air.

"Kami sudah mengirimkan 3.000 paspor kosong

BACA JUGA: KPK Diminta Periksa Hakim Pengadilan Pajak

Ini untuk mengantisipasi kalau memang ada yang membutuhkan paspor
Kalau hilang, nanti bisa ketahuan asalnya dari mana," ujar Menkumham Patrialis Akbar, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (4/2).

Untuk mengantisipasi terjadinya penyusup, jelas Patrialis pula, maka bidang keimigrasian hanya akan memberikan paspor bagi yang jelas identitasnya

BACA JUGA: Istana Tepis Isu Karen Gantikan Darwin

Pihak keimigrasian RI di Mesir juga akan memberikan kemudahan bagi WNI yang kehilangan paspor pada saat hendak pulang
Caranya katanya, yaitu dengan memberikan surat perjalanan laksana paspor.

"Antisipasi lainnya, sekarang diperketat dengan orang imigrasi masuk ke dalam pesawat bersama dengan rombongan

BACA JUGA: Fungsi Tugas Kompolnas Semakin Diperkuat

Kita ambil kebijakan, yang penting wajahnya sama dengan paspor, dipersilakan masuk pesawat," kata Patrialis.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa mengatakan bahwa pada pukul 12.30 WIB, sudah akan tiba di tanah air rombongan evakuasi kedua dari MesirEvakuasi dipastikan tidak akan berhenti pada tahap kedua iniSebab, sesuai dengan instruksi Presiden, evakuasi dilakukan terhadap seluruh WNI yang menyatakan keinginan untuk pulang ke tanah air.

"Sekarang kami mendengar sudah ada 400 orang lagi yang mendaftarJadi sudah ada muatan satu pesawat lagiSaya yakin, Bapak Hassan Wirajuda (Ketua Satgas Evakuasi) akan menentukan tahapan berikutnya, karena evakuasi masih terus bergulir," kata Marty.

Yang disiapkan pemerintah, kata Marty pula, bukan hanya pemulangan WNI ke Indonesia, namun juga persiapan untuk mengembalikan WNI ke Mesir bilamana kondisi di negara tersebut sudah kembali amanPemerintah rencananya akan mengembalikan WNI ke Mesir secara gratis.

"Insya Allah (gratis)Kita ingin pastikan misalnya dari mahasiswa yang sekolah di Mesir, bisa mendapatkan fasilitas ketika situasi sudah benar-benar amanJangan sampai situasi ini mengganggu aktivitas belajar mereka," kata Marty lagi(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hari Sabarno Masih Heran Status Tersangkanya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler