Kemenpora Pastikan Kontingen Jambore Indonesia di Korea dalam Kondisi Baik dan Aman

Kamis, 10 Agustus 2023 – 13:55 WIB
Utusan beberapa staf Kemenpora ke Korea untuk meninjau langsung acara Jambore Dunia. Foto: Kemenpora.go.id

jpnn.com - Menpora Dito Ariotedjo memastikan bahwa kontingen Indonesia yang mengikuti Jambore Dunia di Korea dalam kondisi baik dan aman.

Pria kelahiran 25 September 1990 itu mengutus beberapa staf khususnya ke Negeri Ginseng untuk meninjau langsung acara Jambore Dunia.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem Melanda Jambore Pramuka Dunia, Menpora Dito Motivasi Peserta Asal Indonesia

Tim tersebut beranggotakan staf khusus Menpora bidang komunikasi dan hubungan internasional Alia Noorayu Laksono, Plt Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Yohan, dan Asdep Kepramukaan Aris Subiyono. 

Alia mengungkapkan bahwa sekarang para kontingen Indonesia sudah dipindah dari bumi perkemahan Saemangeum ke Wonkwang University.

BACA JUGA: Soal Simpang Siur Jambore Dunia, Ketua Kontingen Menjawab Begini

Cuaca ekstrem yang melanda di sekitar perkemahan membuat Kemenpora dan tim akhirnya memindahkan para kontingen ke tempat yang lebih aman.

"Mereka sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Pemerintah Korea sangat peduli dengan kontingen Indonesia."

BACA JUGA: Sah, Jambore Nasional ke-7 Persatuan Islam Resmi Diluncurkan

"Untuk saat ini, kontingen Indonesia sedang mengikuti agenda keliling kota di daerah Iksan," ungkap Alia.

Aksi cepat tanggap untuk evakuasi kontingen Jambore Dunia Indonesia membuat Alia memberikan apresiasi dan terima kasih kepada KBRI Seoul.

Dengan adanya respons cepat KBRI Seoul, kontingen Jambore Indonesia yang berjumlah 1.586 orang bisa selamat dan sekarang dalam kondisi aman.

"Terima kasih kepada tim KBRI Seoul yang selalu siaga. Sekarang semua dalam keadaan aman. Agenda mereka di sini akan dilanjutkan," tambah Alia.

Melihat adanya sedikit kekacauan yang terjadi di Jambore Dunia membuat Plt Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Yohan memberikan kritik dan saran.

Menurut Yohan, ke depannya ajang ini bisa lebih dikaji lebih dalam lagi supaya tidak ada kejadian yang tidak diinginkan.

"Ini menjadi pengalaman dan catatan untuk tuan rumah berikutnya pada empat tahun mendatang di Polandia. Kami bersyukur kontingen dalam keadaan baik."

"Rencananya kontingen Indonesia akan pulang ke Tanah Air pada Sabtu (12/8/2023) mendatang)," pungkas Yohan.(kemenpora/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler